PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MAN SE-KABUPATEN BLITAR

ERWIN LAILIA WAHDATI, 1756144019 (2016) PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MAN SE-KABUPATEN BLITAR. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Kemampuan Baca Tulis Al Qur’an Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits di MAN Se-Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Erwin Lailia Wahdati (1756144019) dengan dibimbing oleh Dr. H. M. Saifudin Zuhri, M.Ag dan Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I Kata Kunci : Membaca Al Qur’an, Menulis Al Qur’an, Hasil Belajar Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang mengatakan bahwa jutaan umat Islam di dunia ini masih banyak yang belum bisa membaca dan menulis Al Qur’an. Padahal Al Qur’an sebagai Wahyu yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad merupakan Kitab suci sekaligus pedoman hidup bagi umat beragama Islam. Hal ini menjadi lebih spesifik lagi ketika kita melihat banyak output lembaga madrasah yang kurang kompeten dalam hal ini. Jika kemampuan membaca dan menulis Al Qur’an mempunyai kualitas yang baik maka hal ini juga akan berpengaruh pada hasil belajar Al Qur’an hadits yang merupakan mata pelajaran Pendidikan Agama yang membahas aspek Al Qur’an dan hadits. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana tingkat kemampuan membaca Al Qur’an siswa di MAN Se Kabupaten Blitar? (2) Bagaimana tingkat kemampuan menulis Al Qur’an siswa di MAN Se Kabupaten Blitar? (3) Bagaimana tingkat keberhasilan hasil belajar Al Qur’an Hadits siswa di MAN Se Kabupaten Blitar? (4) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca Al Qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MAN Se Kabupaten Blitar? (5) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan menulis Al Qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MAN Se Kabupaten Blitar? (6) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca dan menulis Al Qur’an secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MAN Se Kabupaten Blitar? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas x di MAN se-Kabupaten Blitar yang berjumlah 1.153 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 92 siswa dari seluruh lembaga yang diambil. Adapun teknik pengambilan data menggunakan tes praktik dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan perhitungan statistik dengan menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian dalam tesis ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan membaca Al Qur’an siswa di MAN se Kabupaten Blitar mencapai tingkat rata-rata 70%. Hal ini diperoleh dari nilai signifikasi 0,032 < 0,05. Selain itu juga diperoleh dari nilai t_hitung 2,177 > 〖t 〗_tabel 1,986. (2) Kemampuan menulis Al Qur’an siswa kelas x di MAN se-Kabupaten Blitar mencapai rata-rata ≠ 70%. Hasil ini diperoleh dari nilai sig 0,725 > 0,05. Selain itu dilihat dari perhitungan t_hitung -0,353 <〖t 〗_tabel 1,986. (3) Tingkat hasil belajar Al Qur’an hadits siswa kelas x di MAN se-Kabupaten Blitar mencapai rata-rata 70%. Hasil ini dilihat dari nilai sig adalah 0,000 < 0,05. jika dilihat dari hasil perhitungan t_hitung, maka t_hitung 41,437 > 〖t 〗_tabel 1,986. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca Al Qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MAN Se-Kabupaten Blitar. Hal ini dilihat dari hasil nilai sig 0,039 < 0,05. (5) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan menulis Al Qur’an terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MAN Se-Kabupaten Blitar. Hasil ini dilihat dari nilai sig 0,043 < 0,05. (6) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca dan menulis Al Qur’an secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MAN Se-Kabupaten Blitar. Pernyataan ini dilihat dari hasil koefisien korelasinya, kemampuan membaca dan menulis Al Qur’an berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MAN Se-Kabupaten Blitar sebesar 25,9%, artinya sebesar 74,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menunjukkan tingkat hubungan yang rendah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1756144019 Erwin Lailia Wahdati
Date Deposited: 29 Nov 2016 07:04
Last Modified: 29 Nov 2016 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4142

Actions (login required)

View Item View Item