PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK PASCAPANDEMI DI MTSN 3 TULUNGAGUNG

NANDA NURUL SAFIKRI, NIM. 12201183420 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK PASCAPANDEMI DI MTSN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nanda Nurul Safikri, 12201183420, Skripsi: Peran Guru PAI dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik di MTsN 3 Tulungagung, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: M. Dwi Toriyono, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: peran guru PAI, mengatasi kenakalan peserta didik, pascapandemi. Guru memiliki peranan yang penting dalam membantu mengembangkan potensi peserta didik dalam mewujudkan cita-citanya dan menjadi salah satu acuan keberhasilan suatu pendidikan. Dalam proses penanggulangan kenakalan di MTsN 3 Tulungagug, guru PAI turut aktif untuk berperan penting dalam pembentukan karakter, menanamkan nilai-nilai keislaman, pembinaan untuk peserta didik dan lain sebagainya. Guru PAI sangat di butuhkan perannya dalam membimbing peserta didik, terutama generasi milenial yang sedang dalam proses mencari jati diri dan beradaptasi dari belajar tatap muka berganti menjadi daring dan kembali luring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara jelas bagaimana dampak dari pandemi sehingga dapat menyebabkan kenakalan bagi peserta didik dan mendeskripsikan bagaimana peran guru PAI sehingga dapat mengatasi kenakalan peserta didik pascapandemi. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara langsung dengan responden, dan dokumentasi yang ada di MTsN 3 Tulungagung. Sumber data yang di gunakan yaitu sumber data primer. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu analisis data model intraktif, yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyederhanaan data (kondensasi data), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing). Dari hasil penelitian diperoleh (1) Dampak pandemi bagi peserta didik yang menyebabkan kenakalan bagi peserta didik ialah adanya pengaruh pandemi terhadap sifat dan sikap peserta didik karena terlambatnya dalam beradaptasi dan disebabkan oleh kecanduan HP untuk bermain games/bersosial media. Semangat dan kualitas belajar menurun. Liar terhadap pemikirannya sendiri, agresif, minimalnya aktivitas, peserta didik mendapat tekanan dari orang tua/keluarga yang sedang kesulitan ekonomi, terancam putus sekolah, tingkat rasa malas yang tinggi (rebahan), emosi tidak stabil, kurangnya sopan santun, susah dibilangin atau dinasehatin, tertutup, dan kesulitan mengekspresikan emosional. (2) Peran guru PAI dalam mengatasi kenakalan peserta didik pascapandemi di MTsN 3 Tulungagung ialah sebagai pendidik, motivator, evaluator dan figur teladan yang memberikan contoh kebaikan. Nasihat dan motivasi dari guru PAI di MTsN 3 Tulungagung khusunya kelas VIII ini memberikan dampak positif bagi peserta didik, agar peserta didik selalu bersemangat, tidak lupa melaksanakan sholat, memiliki rasa khurmat terhadap guru dan orang yang lebih tua, juga tidak melanggar peraturan yang berlaku di madrasah, karena semua untuk kebaikan dan kemajuan peserta didik itu sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183420 NANDA NURUL SAFIKRI
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:37
Last Modified: 31 Oct 2023 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41466

Actions (login required)

View Item View Item