PENGARUH PENGETAHUAN, MOTIVASI DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL PADA MAHASISWA MKS FEBI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

DELIMA PRICILIA, 12406193101 (2023) PENGARUH PENGETAHUAN, MOTIVASI DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL PADA MAHASISWA MKS FEBI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (562kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan, Motivasi dan Perkembangan Teknologi Media Sosial Terhadap minat investasi di Pasar Modal pada Mahasiswa MKS FEBI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung” yang ditulis oleh Delima Pricilia NIM 12406193101, dengan dosen pembimbing Dedi Suselo, SE., M.M. Minat investasi menjadi prioritas utama pada penelitian ini. Seseorang yang ingin melakukan investasi perlu adanya pengetahuan dan motivasi untuk meningkatkan minat dalam berinvestasi, karena dengan adanya kedua faktor tersebut dapat menjadi modal dasar dalam mengambil keputusan untuk memulai investasi. Terlebih sekarang ini diimbangi dengan perkembangan akan teknologi media sosial yang memberikan bantuan dengan berbagai jenis dan fitur dari teknologi media sosial untuk membantu memperoleh informasi terkait investasi. Untuk itu dalam penelitian ini menggunakan rumusan masalah berupa: (1) Bagaimana pengaruh Pengetahuan, Motivasi dan Perkembangan Teknologi Media Sosial terhadap minat investasi di pasar modal? (2) Bagaimana pengaruh Pengetahuan terhadap minat investasi di pasar modal? (3) Bagaimana pengaruh Motivasi terhadap minat investasi di pasar modal? dan (4) Bagaimana pengaruh Perkembangan Teknologi Media Sosial terhadap minat investasi di pasar modal? Metodologi dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 832 mahasiswa yang bersumber dari data Badan Pusat Statistik (BPS) dengan penghitungan sampel menggunakan rumus slovin yang kemudian diperoleh hasil sampel sebanyak 89 mahasiswa yang mewakili dari keseluruhan populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan teknik pengolahan data menggunakan SPSS versi 22. Dalam penelitian ini data kuesioner yang diperoleh dianalisis dengan regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Dan data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 1,390 0,543 + 0,161 + 0,117 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Variabel pengetahuan, motivasi dan perkembangan teknologi media sosial berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama dalam minat investasi di pasar modal. (2) Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal (3) Motivasi tidak memberikan pengaruh pada minat investasi mahasiswa di pasar modal (4) Perkembangan teknologi media sosial juga tidak memberikan pengaruh pada minat investasi mahasiswa di pasar modal. Kata Kunci: Pengetahuan, Motivasi, Perkembangan Teknologi Media Sosial, Minat Investasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Investasi
Ekonomi > Pasar Modal
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 12406193101 DELIMA PRICILIA
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:18
Last Modified: 30 Oct 2023 06:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41559

Actions (login required)

View Item View Item