STRATEGI GURU IPS DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SMP ISLAMAL-KHOIRIYAH SUMBERGEMPOLTULUNGAGUNG

ACHMAD NOFI NURWANTO, 12209193114 (2023) STRATEGI GURU IPS DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SMP ISLAMAL-KHOIRIYAH SUMBERGEMPOLTULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru IPS Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Disiplin Siswa SMP Islam Al-Khoiriyah Sumbergempol Tulungagung”. Skripsi ini ditulis oleh Achmad Nofi Nurwanto, NIM 12209193114, dosen pembimbing Bagus Setiawan M.Pd Kata kunci: Strategi Guru, Karakter Disiplin waktu, pembelajaran IPS Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak ditemukan siswa yang kurang disiplin terhadap waktu pada saat jam pembelajaran berlangsung maupun diluar pembelajaran. Karena itu penulis mencoba menemukan strategi guru dalam meningkatkan disiplin waktu kepada siswa dalam setiap kegiatan pendidikan di kelas atau di luar kelas Dalam setiap tindakan tertentu. Kedisiplinan merupakan karakter yang harus dimiliki setiap peserta didik, melalui proses dari serangkain perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan, atau ketertiban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1. Bagaimana strategi yang dilakukan oleh guru IPS dalam menanamkan karakter disiplin ketepatan waktu siswa SMP Islam Al-khoiriyah Sumbergempol Tulungagung? 2. Apa saja kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan karakter disiplin ketepatan waktu siswa SMP Islam Al-khoiriyah Sumbergempol Tulungagung? 3. Bagaimana implikasi strategi guru dalam menanamkan karakter disiplin ketepatan waktu siswa SMP Islam Al-khoiriyah Sumbergempol Tulungagung?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif. Teknik dan instrument pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian, strategi guru IPS dalam penanaman karakter disiplin waktu yaitu ada dua (didalam maupun diluar pembelajaran). 1. Di dalam pembelajaran IPS yaitu: RPP dan kontrak pembelajaran, hukuman sanksi, strategi konstekstual dalam kegiatatan pembelajaran IPS berlangsung. Sedangkan diluar pembelajaran yaitu, guru menggunakan strategi keteladanan, Selain itu strategi pembiasaan yang di lakukan guru dengan cara mewajibkan siswa untuk selalu tepat waktu dan pendidik tidak bosan-bosan untuk selalu mengingatkan siswa. 2. Kendala strategi guru dalam penanaman karakter disiplin waktu yaitu, karakter siswa yang tidak terbuka, faktor pendapingan pendidik yang kurang maksimal, faktor lingkungan pergaulan siswa dan faktor kerjasama antara orang tua yang kurang maksimal. 3. Hasil strategi guru menunjukan peningkatan dalam kedisiplinan waktu pada siswa yaitu 33,19% (kurang baik) menjadi 77,70% (baik) sesuai dengan hasil perhitungan. Selain itu peningkatan perilaku disiplin waktu pada siswa dilihat dari hasil evaluasi guru terkait perkembangan perilaku siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193114 ACHMAD NOFI NURWANTO
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:26
Last Modified: 21 Nov 2023 08:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42095

Actions (login required)

View Item View Item