HILYAH HASNA NABIILAH, 12206193096 (2023) PERAN GURU DALAM MELATIH KEMANDIRIAN SISWA USIA 3-4 TAHUN DI KB AL KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (455kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (342kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (599kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Melatih Kemandirian Siswa Usia 3-4 Tahun di Kelompok Bermain Al Khodijah Kedungsoko”, ditulis oleh Hilyah Hasna Nabiilah, NIM 12206193096 yang dibimbing oleh Bapak Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci : Peran Guru, Kemandirian, Anak Usia Dini Penelitian ini didasari pada sebuah fenomena bahwa kemandirian pada anak usia 3-4 tahun terlihat mandiri dalam kegiatan nya. Dalam hal ini, peneliti tertarik untuk meneliti tentang peran guru dalam melatih kemandirian siswa usia 3-4 tahun di KB Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja bentuk kemandirian siswa usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. (2) Bagaimana peran guru dalam melatih kemandirian siswa usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. (3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam melatih kemandirian siswa usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui bentuk kemandirian siswa usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. (2) Mengetahui peran guru dalam melatih kemandirian anak usia dini kelompok bermain di Kelompok Bermain Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. (3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam melatih kemandirian siswa usia 3-4 tahun di kelompok bermain Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Skripsi ini disusun berdasarkan hasil data lapangan yang diperoleh dengan pendekatan metode penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam studi dokumentasi dan interview. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu menguraikan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh sesuai dengan data yang sebenarnya. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan Triangulasi data, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data yang diperoleh. Skripsi ini bermanfaat bagi pihak Lembaga Kelompok Bermain Al Khodijah Kedungsoko sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka bentuk kemandirian siswa, bagi para orang tua sebagai bahan kajian dan wawasan mengenai peran guru dalam melatih kemandirian siswa usia 3-4 tahun, bagi UIN SATU Tulungagung sebagai salah satu studi banding bagi peneliti lain dan menambah khazanah kepustakaan jurusan PIAUD UIN SATU Tulungagung, Bagi para pembaca/ peneliti lain sebagai bahan masukkan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk Kemandirian Siswa Usia 3-4 Tahun di Kelompok Bermain Al Khodijah Kedungsoko adalah anak mampu melepas, memakai serta menaruh sepatu dan tas ke rak yang sudah di sediakan, anak mampu mengembalikan barang ke tempat semula, anak akan mampu mencuci tangan sendiri, anak mampu membereskan mainan yang telah ia pakai, anak mampu membuang sampah pada tempat sampah, anak mampu ditinggal oleh orang tua nya, anak mampu melakukan kegiatan sendiri, anak mampu mengadakan interaksi dengan orang lain, anak mampu mengontrol emosi sendiri. 2) Peran guru dalam melatih kemandirian siswa yaitu guru sebagai pembimbing, membimbing dan mengarahkan. Guru sebagai pendidik, memperlihatkan contoh konkret. Guru sebagai motivator, memotivasi anak. Guru sebagai pengelola, melibatkan anak dalam kegiatan dan guru sebagai fasilitator, memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih kegiatan. 3) Faktor pendukung yaitu adanya orang tua yang melatih anak saat berada di rumah dan kegiatan belajar yang menarik, seperti membuat hasil karya. Dan faktor penghambat guru dalam melatih kemandirian siswa yaitu kondisi anak atau mood anak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206193096 HILYAH HASNA NABIILAH |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 03:03 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 03:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42166 |
Actions (login required)
View Item |