ILMI DEWI MASITOH, 12204193011 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (910kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (593kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Ilmi Dewi Masitoh, NIM. 12204193011, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Everyone is a Teacher Here, pemahaman konsep. Rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami suatu konsep matematika membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelasaikan soal. Selain itu peran pendidik yang lebih dominan dalam proses pembelajaran dan memposisikan peserta didik sebagai pendengar bisa menyebabkan peserta didik merasa jenuh dan kurang bersemangat dalam belajar sehingga pembelajaran kurang optimal. Selain itu pendidik juga harus mengetahui karakteristik peserta didiknya dengan baik, agar mempermudah dalam memilih model pembelajaran yang tepat. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang menarik, sehingga membuat peserta didik akan lebih semangat dan ikut berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran yaitu model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH). Tujuan dalam pnelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh model Pembelajaran ETH terhadap pemahaman konsep matematika di SMPN 1 Kalidawir, dan Seberapa besar pengaruh model Pembelajaran ETH terhadap pemahaman konsep matematika di SMPN 1 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes soal, dan dokumentasi. Metode tes soal digunakan untuk memperoleh data pemahaman konsep matematika peserta didik, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data yang dapat menunjang penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Kalidawir dengan mengambil tiga sampel yaitu kelas VIII-E sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VIII-A sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistic Uji t-test dua sampel bebas (independent sampel t-test dan Effect Size Cohen’s d. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: Ada pengaruh model pembelajaran ETH terhadap pemahaman konsep matematika di SMPN 1 Kalidawir, dan Besar pengaruh model pembelajaran ETH terhadap pemahaman konsep matematika di SMPN 1 Kalidawir sebesar 0,861.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193011 ILMI DEWI MASITOH |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 04:22 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 04:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42436 |
Actions (login required)
View Item |