STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA PANTAI DALAM UPAYA BISNIS PARIWISATA (Studi Kasus di Pantai Pacar Tulungagung)

IRWAN DWI CIPTANTO, 12405183410 (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA PANTAI DALAM UPAYA BISNIS PARIWISATA (Studi Kasus di Pantai Pacar Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Wisata Pantai Dalam Upaya Bisnis Pariwisata (Studi Kasus di Pantai Pacar Tulungagung)” yang ditulis oleh Irwan Dwi Ciptanto, NIM. 12405183410, pembimbing Sri Eka Astutiningsih, SE., M.M. Potensi wisata Pantai Pacar yang berada di Kecamatan Pucanglaban masih perlu dikembangkan, sehingga dapat menjadi bisnis pariwisata utama yang paling diminati. Pengembangan wisata Pantai Pacar memerlukan strategi yang tepat dan khusus agar dapat dijadikan sebagai bisnis pariwisata secara baik. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk menjelaskan strategi pengembangan wisata Pantai Pacar Tulungagung sebagai bisnis pariwisata 2) untuk mengidentifikasi faktor pendorong pengembangan sektor wisata Pantai Pacar Tulungagung sebagai bisnis pariwisata, dan 3) untuk mengidentifikasi faktor penghambat pengembangan sektor wisata Pantai Pacar Tulungagung sebagai bisnis pariwisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik anaslisis data peneliti menggunakan analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunity, Threat). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi pengembangan wisata Pantai Pacar Tulungagung berada di Kuadran sebagaimana hasil analisis SWOT bahwa strategi yang dihasilkan adalah strategi SO yakni; memanfaatkan jalur lintas selatan sebagai aksesbilitas untuk mengelola keunggulan dan daya tarik wisata, memperketat keamanan objek wisata agar lebih kondusif dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, mengadakan promosi objek dan produk wisata melalui media elektronik, dan mengembangkan atraksi wisata serta sarana dan prasarana. Sedangkan untuk alternative strategi pengembangan pariwisata Pantai Pacar Tulungagung sebagai bisnis pariwisata adalah dengan cara pengelolaan dan pengembangan atraksi wisata, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, dan berupaya memberikan informasi serta promosi terkait pentingnya menjaga objek wisata melalui media elektronik maupun media massa. 2) Faktor pendukungnya adalah Pantai Pacar Tulungagung memiliki daya tarik yang sangat beragam, memiliki keamanan yang baik, adanya langkah promosi dari pihak pengelola dan biaya masuk wisata Pantai Pacar Tulungagung terjangkau. dan 3) Faktor penghambat adalah kurangnya kualitas SDM pengelola, kesadaran pengunjung dan masyarakat, serta keterbatasan sarana dan prasarana akibat dari kurangnya anggaran dana. Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Wisata Pantai, Bisnis Pariwisata, Pantai Pacar Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pariwisata
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183410 IRWAN DWI CIPTANTO
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:48
Last Modified: 12 Dec 2023 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42523

Actions (login required)

View Item View Item