PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP SOSIAL EMOSIONAL ANAK PADA KELOMPOK B DI PAUD SALSABILA KEPATIHAN TULUNGAGUNG

NISA FADILA HARYUNIPUTRI, 12206193057 (2023) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP SOSIAL EMOSIONAL ANAK PADA KELOMPOK B DI PAUD SALSABILA KEPATIHAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Sosial Emosional Anak Pada Kelompok B di PAUD Salsabila Kepatihan Tulungagung” ditulis oleh Nisa Fadila Hrayuniputri, NIM 12206193057, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci : Metode Bercerita, Sosial Emosional, Perilaku Prososial dan Perilaku Kontrol diri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti bahwa dalam metode pembelajaran khususnya metode bercerita terhadap sosial emosioanl yakni perilaku kontrol diri dan perilaku prososial anak kelompok B di PAUD Salsabila Kepatihan Tulungagung masih menggunakan metode yang kurang bervariasi dan menarik sehingga sosial emosional pada anak kurang berkembang secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan penelitian yang lebih mendalam untuk mengevaluasi dampak penggunaan metode bercerita terhadap perkembangan sosial emosional anak pada kelompok B di PAUD Salsabila Kepatihan Tulungagung. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah pengaruh metode bercerita terhadap perilaku kontrol diri pada anak ?” dan “Adakah pengaruh metode bercerita terhadap perilaku prososial pada anak ?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap perilaku kontrol diri pada anak kelompok B juga untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode bercerita terhadap perilaku prososial pada anak kelompok B dari penggunaan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Desain yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang melibatkan kelompok B. Analisis data kuantitatif menggunakan program komputer yakni Software SPSS 26 for windows. Hasil penelitian ini adalah : (1) ada pengaruh terhadap perilaku kontrol diri pada anak kelompok B di PAUD Salsabila Kepatihan Tulungagung. Berdasarkan kriteria menunjukkan nilai probabilitas 0.000 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) ada pengaruh terhadap perilaku prososial pada anak kelompok B di PAUD Salsabila Kepatihan Tulungagung. Berdasarkan kriteria menunjukkan nilai probabilitas 0.000 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193057 NISA FADILA HARYUNIPUTRI
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:18
Last Modified: 08 Jan 2024 02:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42685

Actions (login required)

View Item View Item