SITI BADHIATUL MAISYAROH, 12206193018 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA MOGI (MONOPOLI RELIGI) UNTUK ASPEK AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA NAHDLATUL ULAMA TERPADU SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (112kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (235kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan media pembelajaran Monopoli Religi untuk aspek agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol. Media berperan penting pada proses kegiatan belajar mengajar, sebagai alat perantara dalam menyampaikan materi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada Kelompok B (usia 5-6 tahun) di RA Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol media yang digunakan pada proses pembelajaran berupa gambar pada majalah, beberapa peserta didik cenderung merasa bosan dan kurang memperhatikan apa yang dijelaskan pendidik. Maka dibutuhkan solusi yang dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya dengan menyediakan media pembelajaran tambahan sebagai alat baru yang dapat mendukung proses pembelajaran peserta didik. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan media, 2) Mendeskripsikan pengembangan desain media Monopoli Religi untuk aspek agama dan moral anak usia 5-6 tahun, 3) Mendeskripsikan development pengembangan media Monopoli Religi, 4) Mendeskripsikan implementasi media Monopoli Religi untuk aspek agama moral anak usia 5-6 tahun di RA Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol, 5) Mendeskripsikan evaluasi serta perbaikan media Monopoli Religi untuk aspek agama moral anak usia 5-6 tahun di RA Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R & D (Research and Development). Model pengembangan pembelajaran yang disusun dalam penelitian ini mengacu pada jenis pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji coba dilaksanakan 2 kali, yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Pada uji coba kelompok besar dilakukan pengisian angket untuk menilai kemenarikan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penilaian media oleh ahli validasi dan peserta didik, yakni ahli media 93,33% (sangat valid), ahli materi 100% (sangat valid), ahli bahasa 69,74% (cukup valid), hasil uji coba kelompok kecil peserta didik mendapat presentase 83,34% (sangat valid) dan pada hasil uji coba kelompok besar 77,05 % (sangat valid). Kemenarikan produk Monopoli Religi memperoleh presentase 77,05 % (cukup menarik). Berdasarkan hasil penelitian, bahwa media yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206193018 SITI BADHIATUL MAISYAROH |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 03:17 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 03:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42854 |
Actions (login required)
View Item |