MAULIDYA MAFTUHATUN NI'MAH, 12205193022 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK DI SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (959kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (825kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (842kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Tematik Di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Maulidya Maftuhatun Ni’mah, NIM 12205193022, pembimbing Dr. Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci : Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya guru yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang berakibat pada kemampuan berpikir kritis peserta didik yang kurang serta hasil belajar peserta didik juga kurang maksimal. Penelitian ini menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Model problem based learning yaitu pembelajaran berbasis masalah. Peserta didik mengkaji permasalahan secara nyata sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Setelah diterapkannya model problem based learning diharapkan peserta didik dapat memecahkan masalah sesuai dengan pengalaman yang diperoleh. Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu skala tingkat keberhasilan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tingkat keberhasilan pembelajaran dapat dilihat hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Apakah terdapat pengaruh dalam penggunaakn model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (2) Apakah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (3) Apakah Terdapat pengaruh model Iproblem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar tematik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk membuktikan adanya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk membuktikan adanya pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar tematik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk membuktikan adanya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen. Model eksperimen yang diterapkan adalah Quasi Eksperimen dengan Nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu menggunakan nilai pre-test dan pos-test sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t independent sample t-test, dan uji Manova. Hasil penelitian ini membuktikan (1) Adanya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai sig. (2-tailed) 0,009 < 0,05. (2) Adanya pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar tematik dengan nilai sig. (2-tailed) 0,008 < 0,05.(3) Adanya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar tematik dengan nilai sig. < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193022 MAULIDYA MAFTUHATUN NI'MAH |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 13:32 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 13:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42980 |
Actions (login required)
View Item |