PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK DI SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MAULIDYA MAFTUHATUN NI'MAH, 12205193022 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK DI SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (523kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (959kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Tematik Di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Maulidya Maftuhatun Ni’mah, NIM 12205193022, pembimbing Dr. Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci : Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya guru yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang berakibat pada kemampuan berpikir kritis peserta didik yang kurang serta hasil belajar peserta didik juga kurang maksimal. Penelitian ini menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Model problem based learning yaitu pembelajaran berbasis masalah. Peserta didik mengkaji permasalahan secara nyata sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Setelah diterapkannya model problem based learning diharapkan peserta didik dapat memecahkan masalah sesuai dengan pengalaman yang diperoleh. Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu skala tingkat keberhasilan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tingkat keberhasilan pembelajaran dapat dilihat hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Apakah terdapat pengaruh dalam penggunaakn model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (2) Apakah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (3) Apakah Terdapat pengaruh model Iproblem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar tematik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk membuktikan adanya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk membuktikan adanya pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar tematik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk membuktikan adanya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen. Model eksperimen yang diterapkan adalah Quasi Eksperimen dengan Nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu menggunakan nilai pre-test dan pos-test sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t independent sample t-test, dan uji Manova. Hasil penelitian ini membuktikan (1) Adanya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai sig. (2-tailed) 0,009 < 0,05. (2) Adanya pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar tematik dengan nilai sig. (2-tailed) 0,008 < 0,05.(3) Adanya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar tematik dengan nilai sig. < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193022 MAULIDYA MAFTUHATUN NI'MAH
Date Deposited: 09 Jan 2024 13:32
Last Modified: 09 Jan 2024 13:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42980

Actions (login required)

View Item View Item