PENGARUH KEMUDAHAN, KEMANFAATAN DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK (Studi Konsumen Minimarket Indomaret Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar)

RIVADATUL MUNAWAROH, 12401193062 (2024) PENGARUH KEMUDAHAN, KEMANFAATAN DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK (Studi Konsumen Minimarket Indomaret Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemudahan, Kemanfaatan dan Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Uang Elektronik (Studi Konsumen Minimarket Indomaret Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar)” ini ditulis oleh Rivadatul Munawaroh, NIM. 12401193062, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi, Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Citra Mulya Sari, M.E. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teknologi dalam sistem pembayaran telah menggantikan peranan uang sebagai alat pembayaran atau alat tukar menukar suatu barang pada umumnya berupa pembayaran tunai maupun non tunai yang mana lebih efektif dan efisien. Kemajuan ilmu pengetahuan disertai dengan kemajuan teknologi mengakibatkan perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung konsumtif dan disertai keinginan yang mudah dan praktis, mengharuskan perbankan untuk selalu berinovasi guna menggunakan aktivitas bagi masyarakat, salah satu inovasi yang dilakukan oleh perbankan adalah menciptakan sistem pembayaran uang elektronik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menguji kemudahan, kemanfaatan, dan perilaku konsumen berpengaruh terhadap keputusan penggunaan uang elektronik (2) Untuk menguji kemudahan berpengaruh terhadap penggunaan uang elektronik. (3) Untuk menguji kemanfaatan berpengaruh terhadap pengunaan uang elektronik. (4) Untuk menguji perilaku konsumen berpengaruh terhadap penggunaan uang elektronik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik non sampling/nonprobablity. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan kuesioner atau angket. Teknik analisis data dilakukan melalui uji validasi, uji reliabilitas, uji multikolonieritas, uji regresi berganda, dan uji asumsi klasik Hasil penelitian yang dilakukan dengan SPSS 16.0 menunjukkan bahwa (1) kemudahan, kemanfaatan dan perilaku konsumen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan uang elektronik (2) kemudahan secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan uang elektronik (3) kemanfaatan secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan uang elektronik (4) perilaku konsumen secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan uang elektronik Kata kunci: Kemudahan, Kemanfaatan, Perilaku Konsumen, Keputusan Penggunaan, Uang Elektronik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401193062 RIVADATUL MUNAWAROH
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:33
Last Modified: 16 Jan 2024 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43274

Actions (login required)

View Item View Item