MUHAMAD BADRUDIN, 12204183112 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN MEDIA PAPAN AL-SINTACS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (769kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (434kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (292kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (214kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan Media Papan Al-Sintacs Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Trigonometri Kelas X MAN 3 Blitar” di tulis oleh Muhamad Badrudin, NIM 12204183112, pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, Media Papan Al-Sintacs dan hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih seringnya dalam proses pembelajaran matematika hanya menitik beratkan pada pemahaman konsep saja tanpa dibarengi dengan banyak latihan mengerjakan soal. Hal tersebut dinilai kurang efektif sebab bisa berdampak pada menurunya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dipilihlah model pembelajaran missouri mathematics project. Hal ini karena, model pembelajaran missouri mathematics project merupakan model pembelajaran yang berbasis pada efektifitas penggunaan latihan-latihan soal sehingga siswa banyak berlatih mengerjakan soal-soal. Selain itu, supaya pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan digunakan bantuan media pembelajaran papan al-sintacs yang memudahkan siswa dalam mencari nilai sinus, cosinus dan tengan sudut-sudut istimewa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media papan al-sintacs terhadap hasil belajar siswa materi trigonometri kelas X MAN 3 Blitar dan untuk (2) Mengetahui besar pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media papan al-sintacs terhadap hasil belajar siswa materi trigonometri kelas X MAN 3 Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Quasi Eksperimental dengan kelas kontrol dan kelas ekperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media papan al-sintacs dan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling. Sampel yang digunakan untuk kelas eksperimen adalah kelas X B yang berjumlah 35 siswa dan yang digunakan untuk kelas kontrol adalah kelas X C yang berjumlah 35 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji T Independen Sampel Ttest dan uji Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media papan al-sintacs terhadap hasil belajar siswa materi trigonometri kelas X MAN 3 Blitar dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. (2) Besar pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media papan al-sintacsterhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 3 Blitar yaitu tergolong tinggi sebesar 0,82 atau 79%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Geometri Pendidikan > Hasil Belajar Matematika Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam Matematika > Ruang |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183112 MUHAMAD BADRUDIN |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 01:25 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 01:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43388 |
Actions (login required)
View Item |