PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN MEDIA PAPAN AL-SINTACS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X MAN 3 BLITAR

MUHAMAD BADRUDIN, 12204183112 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN MEDIA PAPAN AL-SINTACS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (769kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan Media Papan Al-Sintacs Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Trigonometri Kelas X MAN 3 Blitar” di tulis oleh Muhamad Badrudin, NIM 12204183112, pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, Media Papan Al-Sintacs dan hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih seringnya dalam proses pembelajaran matematika hanya menitik beratkan pada pemahaman konsep saja tanpa dibarengi dengan banyak latihan mengerjakan soal. Hal tersebut dinilai kurang efektif sebab bisa berdampak pada menurunya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dipilihlah model pembelajaran missouri mathematics project. Hal ini karena, model pembelajaran missouri mathematics project merupakan model pembelajaran yang berbasis pada efektifitas penggunaan latihan-latihan soal sehingga siswa banyak berlatih mengerjakan soal-soal. Selain itu, supaya pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan digunakan bantuan media pembelajaran papan al-sintacs yang memudahkan siswa dalam mencari nilai sinus, cosinus dan tengan sudut-sudut istimewa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media papan al-sintacs terhadap hasil belajar siswa materi trigonometri kelas X MAN 3 Blitar dan untuk (2) Mengetahui besar pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media papan al-sintacs terhadap hasil belajar siswa materi trigonometri kelas X MAN 3 Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Quasi Eksperimental dengan kelas kontrol dan kelas ekperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media papan al-sintacs dan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling. Sampel yang digunakan untuk kelas eksperimen adalah kelas X B yang berjumlah 35 siswa dan yang digunakan untuk kelas kontrol adalah kelas X C yang berjumlah 35 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji T Independen Sampel Ttest dan uji Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media papan al-sintacs terhadap hasil belajar siswa materi trigonometri kelas X MAN 3 Blitar dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. (2) Besar pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media papan al-sintacsterhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 3 Blitar yaitu tergolong tinggi sebesar 0,82 atau 79%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183112 MUHAMAD BADRUDIN
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:25
Last Modified: 26 Jan 2024 01:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43388

Actions (login required)

View Item View Item