تأثير وسائط تعلم التخمين بالصور مع نموذج التعلم رمي كرة الثلج (SNOWBALL THROWING) إلى القدرة على حفظ المفردات في طلاب الصف 7 المدرسة المتوسطة الإسلامية اسواجا تونجنجري ٢٠٢٢/٢٠٢٣.

MOHAMMAD ABDUL FATIH SAFUTRA, 12202193077 (2024) تأثير وسائط تعلم التخمين بالصور مع نموذج التعلم رمي كرة الثلج (SNOWBALL THROWING) إلى القدرة على حفظ المفردات في طلاب الصف 7 المدرسة المتوسطة الإسلامية اسواجا تونجنجري ٢٠٢٢/٢٠٢٣. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (649kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB)

Abstract

Abstrak Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Tebak Dengan Gambar Dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Menghafal Kosakata Pada Siswa Kelas 7 Mts Aswaja Tunggangri Tahun Ajaran 2022/2023'' ini ditulis oleh Mohammad Abdul Fatih Safutra, nim 12202193077 , Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Prof, Dr, H, As’aril Muhajir, M.Ag Kata Kunci : Tebak Gambar, Throwing, Kemampuan Menghafal Kosakata. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya inovasi dalam pembelajaran khususnya pada penggunaan media, pembelajaran yang berlangsung kurang menarik dan pembelajaran hanya dengan media konvensional. Hal ini berdampak pada rendahnya ketertarikan mereka dalam belajar Bahasa Arab. Maka diharapkan guru mampu membuat inovasi dalam pembelajaran khususnya pada penggunaan media untuk menumbuhkan minat peserta didik sehingga mampu meningkatkan kemampuan menghafal mufrodat Bahasa Arab mereka. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh media pembelajaran tebak dengan gambar dengan model pembelajaran snowball throwing berpengaruh dalam kemampuan menghafal kosakata pada siswa kelas 7 mts aswaja tunggangri 2022/2023? 2) Seberapa jauh pengaruh media pembelajaran tebak dengan gambar dengan model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan menghafal kosakata pada siswa kelas 7 mts aswaja tunggangri 2022/2023? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendektan kuantitatif dan jenis penelitiannya menggunakan quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian one groub pretest posttest design. Metode pengumpulan data ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk pengamatan dan pencatatan secara sistematis, logis, objektif, dan rasional mengenai berbagai fenomena baik dalam situasi yang sebenarnya di sekolah. Tes dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pencapaian atau pemhaman siswa terhadap meteri pembelajaran yang akan diberikan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh berbagai informasi pendukung penelitian ini, adapun informasi data tersebut, antara lain profil sekolah, data jumlah peserta didik, data nama-nama peserta didik, nama-nama staf serta guru dan pengerjaan soal atau test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil uji mandiri T-sample menunjukkan bahwa terdapat pengaruh menebak media pembelajaran bergambar dengan model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan menghafal kosakata pada siswa kelas 7 Mts Aswaja Tunggangri. Pada uji mandiri, model uji t dengan nilai t-hitung sebesar 5,565 lebih besar dari nilai T-tabel sebesar 2,064. Jika nilai t yang dihitung lebih besar dari T-tabel, terima Ha. Pada hasil uji-t, nilai sig sebesar 0,000 dapat diketahui. Nilai sig 0,000 adalah nilai yang lebih kecil dari atau kurang dari 0,05 yang berarti penolakan Ho. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media tebak gambar menggunakan metode belajar snowball throwing berdampak pada kemampuan menghafal kosakata. Berdasarkan hasil tersebut, siswa melihat kemajuan setelah menggunakan media tebak gambar . Menggunakan media tebak gambar dengan menggunakan metode pembelajaran snowball throwing menyebabkan siswa mengalami perubahan keterampilan menghafal kosakata. 2) Berdasarkan uji n-gain di kelas demo, nilai minimumnya adalah 33,33%, dan maksimum 100%. Rata-rata n-gain pada kategori eksperimen sebesar 56,61% termasuk kelas sangat efektif. Sedangkan perolehan N pada kelas kontrol memiliki nilai minimum -300% dan maksimum 62,50%. Rata-rata perolehan N di kelas kontrol termasuk dalam kategori kontrol -1,83%. Artinya dalam penelitian ini kelas kontrol berupa terapi media pembelajaran konseptual tidak diterapkan secara efektif di MTs Aswaja Tunggangri. Sedangkan di kelas eksperimen berupa pembelajaran tebak gambar pengolahan media pembelajaran sangat efektif diterapkan di MTs Aswaja Tunggangri

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202193077 mohammad abdul fatih safutra
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:08
Last Modified: 12 Feb 2024 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43527

Actions (login required)

View Item View Item