IMPLEMENTASI APLIKASI SIAPEL (SISTEM INFORMASI APLIKASI PELAYANAN ELEKTRONIK) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN FIQIH SIYASAH (Studi Kasus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang)

ALFINTA MAZIDATUS SYAKIRINA, 12103193185 (2024) IMPLEMENTASI APLIKASI SIAPEL (SISTEM INFORMASI APLIKASI PELAYANAN ELEKTRONIK) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN FIQIH SIYASAH (Studi Kasus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (962kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)

Abstract

Alfinta Mazidatus Syakirina, 12103193185, “Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Perspektif Fiqih Siyasah (Studi Kasus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang)” Program Studi Hukum Tata Negara, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing, Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I., Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aplikasi yang membantu masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan secara online. Namun terdapat masalah seperti kurangnya pemahaman masyarakat tentang prosedur dan pemanfaatan teknologi sehingga mempengaruhi tingkat pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Adapun fokus dalam penelitian yang dilaksanakan peneliti adalah 1) Bagaimana implementasi Aplikasi Siapel dalam meningkatkan pelayanan publik di Disdukcapil Kota Malang dari perspektif hukum positif? 2) Bagaimana implementasi Aplikasi Siapel dalam meningkatkan pelayanan publik di Disdukcapil Kota Malang dari perspektif fiqh siyasah?. Adapun yang menjadi tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis implementasi Aplikasi Siapel dalam meningkatkan pelayanan publik di Disdukcapil Kota Malang dari perspektif hukum positif. 2) Untuk menganalisis implementasi Aplikasi Siapel dalam meningkatkan pelayanan publik di Disdukcapil Kota Malang ditinjau dari perspektif fiqh siyasah. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian hukum empiris, melibatkan 98 responden sebagai sampel untuk menilai pelaksanaan Aplikasi Siapel dalam meningkatkan pelayanan publik. Data yang digunakan mencakup baik data primer maupun data sekunder, dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden dan pengamatan pada objek penelitian. Temuan dari penelitian ini dapat disajikan sebagai berikut: 1) Dalam perspektif hukum positif Indonesia, pelaksanaan Aplikasi Siapel untuk meningkatkan layanan publik di Disdukcapil Kota Malang dinilai berhasil, karena mematuhi prinsip-prinsip pelayanan publik yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. 2) Jika ditinjau dari perspektif fiqih siyasah, implementasi Aplikasi Siapel dianggap berhasil sesuai dengan prinsip kaidah fiqih. Kata Kunci: Implementasi, Aplikasi Siapel, Pelayanan Publik, Fiqih Siyasah

Item Type: Skripsi
Subjects: Layanan Publik
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103193185 ALFINTA MAZIDATUS SYAKIRINA
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:35
Last Modified: 21 Feb 2024 01:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43745

Actions (login required)

View Item View Item