SU'UDIYAH HANIFA, 12202193072 (2024) تأثير نموذج التعليم التصوري السمعي الحركي في تحسين المفردات العربية في الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية الرابعة كاديري. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (696kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (699kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (669kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan berjudul “Pengaruh Model VAK (VAK) dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Kelas VIII MTs 4 Kediri” ini ditulis oleh Su’udiyah Hanifa NIM. 12202193072, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Prof. Dr. Sokip, M.Pd.I. dengan NIP. 197104202000031004 Kata Kunci: Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetic (VAK) dan Kosakata Permasalahan yang ada di kelas VIII MTs Negeri 4 Kediri adalah pada saat pembelajaran siswa cenderung pasif, hanya beberapa siswa yang memiliki rasa percaya diri, keberanian untuk menjawab pertanyaan karena takut jawabannya salah, pembelajaran yang dilakukan kurang bervariatif, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah atau mencatat, dan media pembelajaran juga belum dimanfaatkan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran visual auditory kinestetic (VAK) untuk meningkatkan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Kediri. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah peneliti adalah: 1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran VAK terhadap peningkatan kosa kata bahasa arab siswa kelas VIII MTs. 4 Kediri? 2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran VAK terhadap peningkatan kosa kata bahasa arab siswa kelas VIII MTs. 4 Kediri? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VAK terhadap peningkatan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri 4 Kediri. 2) Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh model pembelajaran VAK terhadap peningkatan kosa kata bahasa arab siswa kelas VIII MTs. 4 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya eksperimen semu (quasi experiment). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, VIII B, VIII C MTs Negeri 4 Kediri yang berjumlah 93 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 14 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis uji independent sample t-test dan uji determinan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran VAK terhadap peningkatan kosakata siswa kelas VIII di MTs Negeri 4 Kediri. Hal ini didasarkan pada nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000. (2) Besar pengaruh model pembelajaran VAK terhadap peningkatan kosakata siswa kelas VIII di MTs Negeri 4 Kediri. Hal ini didasarkan pada nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,345. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa besarnya variasi variabel independent dalam mempengaruhi hasil belajar siswa adalah sebesar 34,5%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 12202193072 SU'UDIYAH HANIFA |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 02:53 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 02:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43759 |
Actions (login required)
View Item |