STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK PADA UD RIZQI AGUNG DI DESA SELUR KECAMATAN NGRAYUN KABUPATEN PONOROGO DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN

RIMA DWI NISWATUN KASANAH, 12405193072 (2024) STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK PADA UD RIZQI AGUNG DI DESA SELUR KECAMATAN NGRAYUN KABUPATEN PONOROGO DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Diferensiasi Produk pada UD Rizqi Agung di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo Dalam Meningkatkan Volume Penjualan” ini ditulis oleh Rima Dwi Niswatun Kasanah, NIM 12405193072, Pembimbing Dr. Moh. Rois Abin, M. Pd. I. Strategi diferensiasi produk dapat digunakan untuk membentuk ciri khas dari sebuah produk perusahaan untuk membedakan atau meciptakan keunggulan produk dari pesaing. Manajemen produksi dan strategi diferensiasi yang baik akan mempengaruhi volume penjualan. Fokus penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pemilihan bahan baku pada UD Rizqi Agung di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. (2) Bagaimana desain produk pada UD Rizqi Agung di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo? (3) Bagaimana keistimewaan produk pada UD Rizqi Agung di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemilihan bahan baku pada UD Rizqi Agung di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo, mengetahui bagaimana desain produk pada UD Rizqi Agung di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo, serta bagaimana keistimewaan produk pada UD Rizqi Agung di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemilihan bahan baku yang dilakukan UD Rizqi Agung mulai dari pemilihan bahan baku dengan spesifikasi yang diisyaratkan, kontinuitas ketersediaan yang terjamin, kemudahan memperoleh bahan baku, harga bahan baku yang murah, penyimpanan bahan baku yang disesuaikan dengan jenis komoditasnya serta menjaga kebersihan bahan baku hingga menuju tahap pengolahan. (2) Strategi diferensiasi melalui desain produk dapat membuat penampilan dan fungsi produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Desain kemasan dinilai menarik, praktis dan higienis. Kemasan yang digunakan perusahaan dengan tujuan agar produk dapat habis dalam sekali minum sehingga tidak menurunkan kualitas produk tersebut. Harga yang relatif lebih mahal tidak membuat konsumen beralih ke produk lain, karena mutu yang didapatkan sebanding dengan harga yang ditawarkan. (3) Strategi deferensiasi produk melalui keistimewaan produk dalam meningkatkan volume penjualan yaitu dengan memperhatikan ciri khas produk yang diciptakan sebagai produk unggulan daerah yang diperkenalkan melalui event-event penghargaan disertai perolehan kejuaraan di berbagai kategori. Kata Kunci: Pemilihan bahan baku, Desain produk, Keistimewaan produk, Meningkatan volume penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193072 RIMA DWI NISWATUN KASANAH
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:41
Last Modified: 27 Feb 2024 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43825

Actions (login required)

View Item View Item