RIMA DWI NISWATUN KASANAH, 12405193072 (2024) STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK PADA UD RIZQI AGUNG DI DESA SELUR KECAMATAN NGRAYUN KABUPATEN PONOROGO DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (795kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (319kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Diferensiasi Produk pada UD Rizqi Agung di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo Dalam Meningkatkan Volume Penjualan” ini ditulis oleh Rima Dwi Niswatun Kasanah, NIM 12405193072, Pembimbing Dr. Moh. Rois Abin, M. Pd. I. Strategi diferensiasi produk dapat digunakan untuk membentuk ciri khas dari sebuah produk perusahaan untuk membedakan atau meciptakan keunggulan produk dari pesaing. Manajemen produksi dan strategi diferensiasi yang baik akan mempengaruhi volume penjualan. Fokus penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pemilihan bahan baku pada UD Rizqi Agung di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. (2) Bagaimana desain produk pada UD Rizqi Agung di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo? (3) Bagaimana keistimewaan produk pada UD Rizqi Agung di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemilihan bahan baku pada UD Rizqi Agung di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo, mengetahui bagaimana desain produk pada UD Rizqi Agung di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo, serta bagaimana keistimewaan produk pada UD Rizqi Agung di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemilihan bahan baku yang dilakukan UD Rizqi Agung mulai dari pemilihan bahan baku dengan spesifikasi yang diisyaratkan, kontinuitas ketersediaan yang terjamin, kemudahan memperoleh bahan baku, harga bahan baku yang murah, penyimpanan bahan baku yang disesuaikan dengan jenis komoditasnya serta menjaga kebersihan bahan baku hingga menuju tahap pengolahan. (2) Strategi diferensiasi melalui desain produk dapat membuat penampilan dan fungsi produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Desain kemasan dinilai menarik, praktis dan higienis. Kemasan yang digunakan perusahaan dengan tujuan agar produk dapat habis dalam sekali minum sehingga tidak menurunkan kualitas produk tersebut. Harga yang relatif lebih mahal tidak membuat konsumen beralih ke produk lain, karena mutu yang didapatkan sebanding dengan harga yang ditawarkan. (3) Strategi deferensiasi produk melalui keistimewaan produk dalam meningkatkan volume penjualan yaitu dengan memperhatikan ciri khas produk yang diciptakan sebagai produk unggulan daerah yang diperkenalkan melalui event-event penghargaan disertai perolehan kejuaraan di berbagai kategori. Kata Kunci: Pemilihan bahan baku, Desain produk, Keistimewaan produk, Meningkatan volume penjualan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Manajemen Syariah Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405193072 RIMA DWI NISWATUN KASANAH |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 02:41 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 02:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43825 |
Actions (login required)
View Item |