PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN BANTUAN PEMETAAN PIKIRAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SRENGAT

RIZA INAYATUL ILAHIYAH, 12209193024 (2024) PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN BANTUAN PEMETAAN PIKIRAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SRENGAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Direct Instruction dengan bantuan Pemetaan Pikiran terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Srengat” ini ditulis oleh Riza Inayatul Ilahiyah, NIM. 12209193024, pembimbing Anggoro Putranto, S.Pd.,M.Sc. Kata Kunci: Direct Instruction, Pemetaan Pikiran, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi kelas ketika proses pembelajaran yang cenderung pasif. Siswa beranggapan bahwa mata pelajaran IPS itu sulit dan membosankan sehingga minat belajar siswa menjadi rendah. Minat belajar yang rendah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Siswa dengan minat belajar yang rendah cenderuung pasif sehingga hasil belajar yang diperoleh menjadi kurang memuaskan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu melalui model direct instruction dengan bntuan pemetaan pikiran, dimana penyampaian materi disampaikan secara bertahap dengan bantuan media berupa peta pikiran untuk menarik minat siswa sehingga hasil belajar meningkat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pengaruh model direct instruction dnegan bantuan pemetaan pikiran terhadap minat belajar siswa di SMP Negeri 1 Srengat? (2) Bagaimana pengaruh model direct instruction dnegan bantuan pemetaan pikiran terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Srengat? Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk megetahui pengaruh model direct instruction dengan bantuan pemetaan pikiran terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Srengat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi eksperimen Design dengan Variabel Bebas Model Direct Instruction dengan bantuan pemetaan pikiran dan variabel terikat adalah minat dah hasil belajar. onjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Srengat. Pengumpulan data didapatkan mellaui angket, tes, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Srengat pada tanggal 21 Agustus sampai 21 September 2023 sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model direct instruction dengan bantuan pemetaan pikiran terhadap minat belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t-test diperoleh Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan model direct instruction dengan bantuan pemetaan pikiran terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t-test diperoleh Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193024 RIZA INAYATUL ILAHIYAH
Date Deposited: 28 Feb 2024 06:14
Last Modified: 28 Feb 2024 06:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43901

Actions (login required)

View Item View Item