PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV MI SUNAN GIRI BORO KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

DEVITA SALMA, 2817123098 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV MI SUNAN GIRI BORO KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover judul.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
sampul Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 2.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 3.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 4.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 5.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV MI Sunan Giri Boro Kedungwaru Tulugagung” ini ditulis oleh Devita Salma, NIM. 2817123035, pembimbing Dr. Muhammad Jazeri, M.Pd Kata Kunci: Mind Mapping, Kreativitas, dan hasil belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya problematika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia MI Sunan Giri Boro adalah kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang inovatif. Dominasi proses pembelajaran konvensional pada pembelajaran ini sehingga peserta didik merasa bosan dan jenuh ketika harus menulis cerita kerena kegiatan pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Hal inilah yang membuat kemampuan menulis cerita peserta didik cenderung rendah dan tidak berkembang Hal ini berdampak pada hasil belajar relatif rendah. Menyikapi masalah tersebut, perlu dikembangkan sebuah metode pembelajaran yang tepat dan efektif. Metode pembelajaran Mind Mapping sangat cocok untuk mengembangkan kemampuan berfikir anak-anak. Sehingga pembelajaran lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan. Dari uraian di atas, maka peneliti mengemukakan rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimanakah penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerita tema kegiatan di sekolah peserta didik kelas IV MI Sunan Giri Boro Kedungwaru Tulugagung Tahun Ajaran 2015? (2) Bagaimana penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan kreativitas menulis cerita dalam Bahasa Indonesia tema kegiatan disekolah peserta didik kelas IV MI Sunan Giri Boro Kedungwaru Tulugagung Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Bagaimana penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Sunan Giri Boro Kedungwaru Tulugagung Tahun Ajaran 2015/2016?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode pembelajaran mind mapping, mengetahui apakah penerapan metode tersebut dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas IV MI Sunan Giri Boro Kedungwaru Tulungagung, serta untuk mengetahui apakah metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Sunan Giri Boro Kedungwaru Tulungagung . Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Sunan Giri Boro Kedungwaru Tulungagung yang berjumlah 30 peserta didik. Titik tekan utama dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan metode pembelajaran mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. yang kesemuanya dilakukan secara langsung di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Sunan Giri Boro. Analisa data yang dilakukan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yakni penguasaan materi mencapai 75% dari tujuan pembelajaran, dengan peserta didik yang memperolah nilai KKM 75 sebanyak 75% dari total peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Metode mind mapping pada pelajaran Bahasa Indonesia di MI Sunan Giri Boro di terapkan dengan beberapa langkah atau tahapan, tahapan tersebut adalah tahap awal yang meliputi persiapan pembelajaran, tahap inti meliputi pemberian materi dan evaluasi dan tahap akhir meliputi kesimpulan. 2) Penerapan metode mind mapping di MI Sunan Giri Boro mampu meningkatkan kreativitas belajar peerta didik hal ini dibuktikan dengan hasil observasi kreativitas peserta didik yang meningkat daripost test 1 yang hanya 68% meningkat menjadi 92% pada post test II. 3) Penerapan metode mind mapping di MI Sunan Giri Boro dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik hal ini dibutikan dengan rata-rata hasil belajar yang meningkat dari pre-test yang hanya 65,28 dengan ketuntasan 21,7% menjadi 73,11 dengan ketuntasan 50% pada siklus I. Hasil ini terus meningkat ketika dilaksanakan siklus II. Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu siklus I dengan nilai rata-rata 73,11 ketuntasan belajar 50% dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 81,42 dengan ketuntasan belajar 89,28%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123098 DEVITA SALMA
Date Deposited: 30 Dec 2016 04:25
Last Modified: 30 Dec 2016 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4409

Actions (login required)

View Item View Item