JUAL BELI FOLLOWER, LIKES, DAN VIEWER DI INSTAGRAM UNTUK MENARIK MINAT MASYARAKAT MEMBELI PRODUK DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DAN HUKUM ISLAM (Studi kasus di Kabupaten Tulungagung)

YAYANETA PUTRI GUTAWATI, 126101202173 (2024) JUAL BELI FOLLOWER, LIKES, DAN VIEWER DI INSTAGRAM UNTUK MENARIK MINAT MASYARAKAT MEMBELI PRODUK DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DAN HUKUM ISLAM (Studi kasus di Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)

Abstract

ABSTRAK Yayaneta Putri Gutawati, 126101202172 “Jual Beli Followers, Likes dan Viewer Instagram untuk menarik minat masyarakat membeli produk menurut Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Hukum Islam” ini ditulis oleh Yayaneta Putri Gutawati, Fakultas Syari‟ah dan Ilmu Hukum, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci: Jual Beli Followers, Likes dan Viewer Instagram, Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008, Hukum Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hal yang sering terjadi di Tulungagung pembeli merasa sudah membayar pesanan namun tidak kunjung mendapatkan barang yang telah dibayar ataupun seringkali barang yang tidak sesuai dengan yang telah dipesan, menurut Arta sebagai salah satu penjual Follower, likes dan viewer beralasan karena saat ini banyak online shop yang menjual barangnya melalui instagram sehingga mereka mengambil kesempatan dengan menjual follower, likes dan viewer instagram supaya konsumen lebih menarik untuk dibeli karena salah satu penilaian konsumen sebelum membeli barang di instagram adalah banyaknya follower, likes dan viewer. Fokus penelitian ini tentang jual beli Follower, Likes dan Viewer dengan pertanyaan sebagai berikut : 1. Bagaimana mekanisme jual beli followers, likes dan viewers Instagram untuk menarik minat masyarakat di Tulungagung? 2. Bagaimana tinjauan undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik menurut perspektif hukum islam? 3. Bagaimana jual beli followers Instagram untuk kepentingan berjualan menurut hukum islam? Jenis metode penelitiannya menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknis analisis datanya menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, pengecekan keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Mekanisme yang dilakukan dalam praktik jual beli followers ini dilakukan seperti jual beli online pada umumnya dengan cara memesan barang atau jenis followers yang diinginkan melalui dm Instagram ataupun aplikasi Whatsapp, followers yang diperjualbelikan terdapat 2 jenis yaitu followers aktif dan followers pasif. 2. Ditinjau dari UndangUndang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dilihat dari ketentuan melakukan transaksi elektronik yang tertuang di dalam pasal 17 sampai 21 praktik jual beli ini dapat dilakukan secara elektronik, karena dianggap memenuhi untuk dilakukannya transaksi elektronik, namun jika dilihat dari pasal 26 dan 27 praktik jual beli ini dianggap melanggar undang-undang ITE. 3. Menurut hukum Islam dilihat dari segi ijab qabul sudah memenuhi syarat akad, namun jika dilihat dari segi obyek jual beli follower, likes dan viewer lebih banyak mendatangkan madarat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 126101202173 YAYANETA PUTRI GUTAWATI
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:25
Last Modified: 26 Mar 2024 02:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44544

Actions (login required)

View Item View Item