PENGARUH SELF CONCEPT TERHADAP STRESS AKADEMIK MAHASISWA SEMESTER AKHIR JURUSAN PSIKOLOGI ISLAM DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

ADILAH HASANAH, 126308201045 (2024) PENGARUH SELF CONCEPT TERHADAP STRESS AKADEMIK MAHASISWA SEMESTER AKHIR JURUSAN PSIKOLOGI ISLAM DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (864kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mahasiswa seringkali mengalami stress yang bersumber dari kegiatan akademiknya. Bagi mahasiswa tingkat akhir, yang sering menjadi stressor adalah menyelesaikan skripsi. Ketidakmampuan mahasiswa dalam menerima stressor dalam belajar menjadikan mahasiswa mengalami sulit fokus, mudah lupa bahkan menurunnya motivasi belajar sehingga hal ini menyebabkan terhambat untuk menyelesaiakan tugas akhirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self concept terhadap stress akademik mahasiswa semester akahir di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Self concept merupakan penilaian diri dan yang diyakini dengan benar mengenai diri sendiri sebagai individu. Dengan mengetahui self concept seseorang dapat memudahkan dalam memperkirakan dan memahami perilakunya. Konsep diri yang positif terbukti berkaitan dengan kesuksesan akademis. Orang yang memiliki konsep diri positif akan bersifat optimis, berani mencoba hal baru, berani sukses dan tidak takut kegagalan dan percaya diri dalam mengatasi stressor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat ukur menggunakan skala self concept dengan teori William H. Fitts dan skala stress akademik teori Sun, Dunne dan Hou. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester akahir jurusan psikologi islam angkatan tahun2020. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, dan jumlah sampel sebanyak 132 orang mahasiswa ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linier sederhana dengan SPSS 26 for Windows untuk menguji hipotesis penelitian. Rata-rata tingkat self concept mahasiswa semester akhir jurusan psikologi angkatan tahun2020 sangat tinggi yaitu 57,4% atau 78 mahasiswa, sedangkan tingkat stress akademik sebanyak 77,2% atau 105 mahasiswa tergolong sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh self concept terhadap stress akademik mahasiswa semester akhir jurusan psikologi islam di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci: Mahasiswa, konsep diri dan stress akademik

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi klinis
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308201045 ADILAH HASANAH
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:13
Last Modified: 03 Apr 2024 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44668

Actions (login required)

View Item View Item