KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT KELAS IX SMP ISLAM DARUSSALAM DONGKO TRENGGALEK

MUDRIKAH, 12204173059 (2023) KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT KELAS IX SMP ISLAM DARUSSALAM DONGKO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Literasi statistik merupakan kemampuan siswa untuk memahami, menginterpretasi, mengkomunikasikan suatu data berupa tabel, grafik, atau diagram yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari secara lisan atau tulisan. Siswa yang memiliki gaya kognitif berbeda memiliki kemampuan literasi statistik yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi statistik statistik siswa kelas IX SMP Islam Darussalam Dongko Trenggalek yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa bergaya kognitif field dependent dan 2 siswa bergaya kognitif field independent. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator literasi statistik yang didasarkan pada elemen pengetahuan model Gal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IX SMP Islam Darussalam Dongko Trenggalek dengan gaya kognitif field dependent dalam memahami data, siswa mampu membaca data dalam bentuk tabel, namun sedikit tidak teliti dan kurang tepat. Selain itu siswa juga mampu menjelaskan data secara singkat, menyimpulkan data berdasarkan informasi yang disajikan, dan mengomunikasikan data dalam bentuk tabel. Sedangkan siswa kelas IX SMP Islam Darussalam Dongko Trenggalek dengan gaya kognitif field independent mampu membaca data bentuk tabel dengan percaya diri dan teliti tetapi kurang tepat, siswa belum menjelaskan data secara menyeluruh, tetapi siswa mampu mengambil kesimpulan dengan mencoba menggabungkan informasi dari sumber lain, dan menyajikan data dalam bentuk tabel.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173059 MUDRIKAH
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:09
Last Modified: 04 Apr 2024 07:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44693

Actions (login required)

View Item View Item