PENGARUH KEPERCAYAAN, LINGKUNGAN SOSIAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENGAKSES PRODUK PEMBIAYAAN DI BMT ISTIQOMAH DAN BMT AL MADANI

ARINDA SUSANTI, 12401193184 (2024) PENGARUH KEPERCAYAAN, LINGKUNGAN SOSIAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENGAKSES PRODUK PEMBIAYAAN DI BMT ISTIQOMAH DAN BMT AL MADANI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kepercayaan, Lingkungan Sosial dan Religisuitas Terhadap Minat Mengakses Produk Pembiayaan di BMT Istiqomah dan BMT Al Madani”, ini ditulis oleh Arinda Susanti, NIM 12401193184, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam dengan Pembimbing Bu. Wahyu Dwi Warsitasari, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat masyarakat terhadap lembaga keuangan syariah khususnya BMT, meskipun belum pada level yang maksimal. Dengan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap BMT, diharapkan mampu untuk menarik minat masyarkat terhadap BMT. Lingkungan sosial tempat masyarakat berinteraksi juga menjadi faktor penunjang minat masyarakat terhadap BMT. Jika pada lingkungan sosial masyarakat tidak mengetahui BMT akan sulit menarik minat pada masyarkat tersebut. Kemudian yang tidak kalah penting yaitu tingkat religiusitas masyarakat juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi minat untuk mengakses produk di BMT. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji secara simultan pengaruh kepercayaan, lingkungan sosial, dan religiusitas terhadap minat mengakses produk pembiayaan di BMT Istqiomah dan BMT Al Madani (2) untuk menguji secara parsial pengaruh kepercayaan terhadap minat mengakses produk pembiayaan di BMT Istqiomah dan BMT Al Madani (3) untuk menguji secara parsial pengaruh lingkungan sosial terhadap minat mengakses produk pembiayaan di BMT Istqiomah dan BMT Al Madani (4) untuk menguji secara parsial pengaruh religiusitas terhadap minat mengakses produk pembiayaan di BMT Istqiomah dan BMT Al Madani. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian assosiatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan jumlah sampel sebanyak 184 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket). Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji regresi linier berganda, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel kepercayaan, lingkungan sosial dan religiusitas secara simultan berpengaruh terhadap minat mengakses produk pembiayaan di BMT Istiqomah dan BMT Al Madani (2) kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap minat mengakses produk pembiayaan di BMT Istiqomah dan BMT Al Madani (3) lingkungan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap minat mengakses produk pembiayaan di BMT Istiqomah dan BMT Al Madani (4) religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap minat mengakses produk pembiayaan di BMT Istiqomah dan BMT Al Madani. Kata Kunci: Kepercayaan, Lingkungan Sosial, Minat, Pembiayaan BMT, Religiusitas

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401193184 ARINDA SUSANTI
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:19
Last Modified: 02 Apr 2024 07:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44752

Actions (login required)

View Item View Item