PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) DI RA KARTINI PAKISREJO TULUNGAGUNG

CHASNAUL CHOIRIYAH, 12206193035 (2024) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) DI RA KARTINI PAKISREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (841kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengelolaan Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di RA Kartini Pakisrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Chasnaul Choiriyah, NIM 12206193035, pembimbing Errifa Susilo, M.Pd. Kata kunci: Pengelolaan Pembelajaran, Model Pembelajaran Beyond Centers and Circle Time BCCT (Beyond Center dan Circle Time) adalah model pembelajaran yang digunakan untuk melatih perkembangan anak dengan menggunakan metode bermain. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan model pembelajaran BCCT di RA Kartini Pakisrejo. Dalam hal ini peneliti ingin mendeskripsikan terkait pengelolaan pembelajaran model pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) di RA Kartini Pakisrejo. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kelebihan dan kekurangan penataan ruang bermain dalam model BCCT di RA Kartini Pakisrejo?, (2) bagaimana kelebihan dan kekurangan serta antisipasi guru kedepannya dalam pengelolaan bahan main model BCCT di RA Kartini Pakisrejo?,(3) bagaimana kelebihan dan kekurangan serta antisipasi guru kedepannya dalam pengelolaan kegiatan bermain model BCCT di RA Kartini Pakisrejo ?. Skripsi ini disusun berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diguanakan yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran dengan model pembelajaran Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di RA Kartini Pakisrejo Tulungagung sebagai berikut: (1) kelebihan penataan ruang bermain model BCCT dalam pelaksanaan pembelajaran guru mudah mengawasi anak, kekurangannya pada saat penataan ruang di hari senin lebih sibuk karena ada banyak yang perlu dipersiapkan, (2) kelebihan pengelolaan bahan main yaitu pengadaan bahan main yang jumlahnya tidak banyak, kekurangannya jika anak- anak bermain dan bahan main tidak dikembalikan pada, antisipasi guru kedepannya menekan kekurangan ini dengan membiasakan anak untuk mengembalikan mainnya setelah digunakan, (3) kelebihan dari pengelolaan kegiatan bermain yaitu tujuan dari kegiatan belajar dapat tercapai, guru dapat fokus mengawasi anak serta anak-anak lebih mandiri, kekurangan dalam pengelolaan saat pengadaan alat dan bahan menemukannya pada saat akan penerapan , antisipasi guru kedepannya untuk menekan kekurangan dalam pengelolaan kagiatan bermain dengan memanfaatkan berbagai sarana dan prasarana yang tersedia dan perlu perencanaan yang matang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193035 CHASNAUL CHOIRIYAH
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:52
Last Modified: 04 Apr 2024 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44821

Actions (login required)

View Item View Item