PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

NILA NAILIL MUNA, 12212193001 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Larutan Penyangga ” ini ditulis oleh Nila Nailil Muna, NIM 12212193001, pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Peserta didik pada umumnya mengalami kesulitan dalam mengaitkan dan mengaplikasikan konsep kimia ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. Salah satu materi kimia yang sulit adalah larutan penyangga, karena dalam ilmu kimia bukan hanya mempelajari konsep teori saja melaikan juga terdapat hitungan dan praktikum. Adanya kesulitan dan hambatan yang dihadapi peserta didik menyebabkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dalam proses pembelajaran kimia khususnya materi larutan pemyangga masih cenderung rendah. Penggunaan model pembelajaran yang tepat diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi larutan penyangga. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi-Experimental atau eksperimen semu, bentuk desain yang digunakan adalah post-test only control group design. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kota Kediri Kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 5 yang berjumlah 66 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Instrument tes yang digunakan akan diuji validitas data yang berjumlah 7 soal untuk kemampuan berpikir kritis dan 11 soal pilihan ganda dan 2 soal essay untuk hasil belajar. Tahap analisis data dilakuan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji T dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi larutan penyangga (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193001 Nila Nailil Muna
Date Deposited: 18 Apr 2024 08:36
Last Modified: 18 Apr 2024 08:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44871

Actions (login required)

View Item View Item