PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL

RATNA WULANDARI, 12211193011 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (949kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Di Sumbergempol” yang ditulis oleh Ratna Wulandari, NIM. 12211193011, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan proses sains di Indonesia, hal tersebut tentu dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pengajar dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Akibatnya, pendekatan baru untuk belajar diperlukan. Namun masih banyak guru yang menggunakan metode ceramah pada penerapan pendidikan di Indonesia sehingga menyebabkan siswa lebih cepat bosan. Hal ini dapat mengakibatkan rendahnya keter. Dengan pemilihan model pembelajaran yang baik, dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kerja ilmiah adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol. (3) Untuk mengetahui model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penilitian Quasi Experimental. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen keterampilan proses sains dan instrumen hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, realibilitas, normalitas, homogenitas, uji-t, dan manova. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Terdapat pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193011 RATNA WULANDARI
Date Deposited: 18 Apr 2024 05:54
Last Modified: 18 Apr 2024 05:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44903

Actions (login required)

View Item View Item