MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA (Studi Multikasus di SMP UBQ Nurul Islam Pungging Mojokerto dan MTs Unggulan Rohmatul Ummah Jatirejo Mojokerto)

MUHAMMAD ZAINUR ROFI', 129501203019 (2024) MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA (Studi Multikasus di SMP UBQ Nurul Islam Pungging Mojokerto dan MTs Unggulan Rohmatul Ummah Jatirejo Mojokerto). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAK Disertasi Judul “Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Lembaga (Studi Multikasus di SMP UBQ Nurul Islam Pungging Mojokerto dan MTs Unggulan Rohmatul Ummah Jatirejo Mojokerto)” ditulis oleh Muhammad Zainur Rofi’, Prodi: Manajemen Pendidikan Islam dengan Promotor: Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag, dan Prof .Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen, Hubungan Masyarakat, Citra Lembaga Manajemen humas jembatan penghubung antara lembaga pendidikan dengan orang tua atau masyarakat, hal tersebut diupayakan agar terciptanya hubungan harmonis antara kedua belah pihak dan juga dimaksudkan dalam rangka mensukseskan program- program yang dibuat oleh lembaga pendidikan. Oleh karena itu lembaga pendidikan harus mampu menganalisis kebutuhan masyarakat sebagai konsumen pendidikan. Dalam kualitas manajemen humas memberi peran penting dalam pelaksanaan salah satunya tujuan yang tepat dan sesuai yang diharapkan. Citra lembaga sendiri dibutuhkan untuk memberikan sebuah kesan yang diperoleh seseorang berdasarkan pengetahuan dan fakta-fakta yang diketahuinya. Dari situ dapat diketahui hubungan erat antara humas dengan citra lembaga. Dengan adanya mutu dan kualitas dari lembaga akan menimbulkan citra positif untuk lembaga itu sendiri. Pembentukan citra yang baik diperlukan humas yang baik pula dalam hal ini dibutuhkan beberapa strategi untuk menciptakan citra baik dari pandangan konsumen pendidikan. Hal tersebut bisa dilihat salah satunya dengan keluaran output-nya yang sesuai dengan permintaan masyarakat bahkan lembaga terus memberi inovasi dan terus meningkatkan citra yang baik agar nilai kepercayaan yang diberikan masyarakat akan tetap tinggi terhadap lembaga tersebut. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana nilai sikap publik dalam meningkatkan citra lembaga di SMP UBQ Nurul Islam Pungging Mojokerto dan MTs Unggulan Rohmatul Ummah Jatirejo Mojokerto? (2) Bagaimana mengidentifikasi kebijaksanaan dalam meningkatkan citra lembaga di SMP UBQ Nurul Islam Pungging Mojokerto dan MTs Unggulan Rohmatul Ummah Jatirejo Mojokerto? (3) Bagaimana kegiatan dukungan publik dalam meningkatkan citra lembaga di SMP UBQ Nurul Islam Pungging Mojokerto dan MTs Unggulan Rohmatul Ummah Jatirejo Mojokerto? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi multiskasus. Sumber data informan, peristiwa/lokasi dan dokumen. Teknik penggumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif Huberman. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui diskusi teman sejatawat, triangulasi sumber data, dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). bentuk pengelolaan dan pengembangan konten media sosial dalam sesuai dengan perkembangan inovasi terhadap konten-konten yang akan dipublikasikan di media sosial sehingga kegiatan cukup baik dengan SDM yang memadai. 2). Frase realisasi menyebarkan brosur pamflet, even dalam mempromosikan melalui media sosial maupun non media sosial, bisa dimanfaatkan dengan adanya kepedulian terhadap masyarakat guna menjaga hubungan baik, tanggung jawab sosial di mata publik. 3). Mewujudkan tujuan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dalam menjalin membina hubungan serta mengakses dengan mudah informasi lembaga.

Item Type: Disertasi
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 129501203019 MUHAMMAD ZAINUR ROFI'
Date Deposited: 18 Apr 2024 07:14
Last Modified: 18 Apr 2024 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44941

Actions (login required)

View Item View Item