Konsep Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 159, Luqman ayat 17-18 dan al-Hujurat ayat 11

Wahyudin, Didin (2014) Konsep Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 159, Luqman ayat 17-18 dan al-Hujurat ayat 11. [ Skripsi ]

[img] Text
bagian awal.docx

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (77kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB VI.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (27kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Pendidikan Islam, Pendidikan Akhlak, pembelajaran, peserta didik. Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh problematika kemerosotan akhlak dalam kehidupan kaum muslim, utamanya kalangan pelajar. Sehingga para orang tua, para pendidik, juga masyarakat harus menanamkan dan juga memberikan teladan akhlakul karimah kepada anak sejak dini. Terutama dengan meneladani akhlak Nabi Muhammad saw, dan mengamalkan ajaran-ajaran luhur yang terdapat dalam Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah konsep pendidikan akhlak menurut Al-Qur’an surat Ali-Imran ayat 159, Luqman ayat 17-18, dan al-Hujurat ayat 11? (2) Nilai-nilai akhlak apa saja yang terdapat dalam Al-Qur’an, khususnya dalam surat Ali Imran ayat 159, Luqman ayat 17-18 dan al-Hujurat ayat 11? (3) Bagaimanakah aktualisasi nilai-nilai akhlak yang terdapat dalam Al-Qur’an terhadap pendidikan Islam? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang jelas terhadap pendidikan akhlak menurut Al-Qur’an. Memahami nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam al-Qur’an dan mengaktualisasikannya dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kajian pustaka, dengan mengulas beberapa tema akhlak dalam al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode tafsir tematik, yakni dengan mengambil beberapa ayat al-Qur’an yang secara khusus membicarakan pendidikan akhlak dan mengkomparasikan dengan teori akhlak menurut beberapa filsuf. Selain itu untuk memperkaya kajian tema akhlak dalam skripsi ini, penulis menggunakan buku-buku yang ada relevansinya dengan tema skripsi ini. Kemudian data-data yang terkumpul digabungkan menjadi satu-kesatuan yang utuh. Hasil Penelitian: (1) konsep akhlak yang terdapat dalam al-Qur’an ternyata tak jauh berbeda dengan konsep akhlak yang ditawarkan para filsuf atau pemikir-pemikir muslim, yaitu tentang sikap baik dan buruk. Meskipun istilah, sumber, dan sasaran akhlaknya sedikit berbeda, namun kesemuanya tidak lepas dari bahasan baik dan buruk. (2) setelah dianalisis ternyata banyak sekali ayat-ayat al-Qur’an yang secara konseptual membahas pendidikan akhlak. (3) aktualisasi nilai-nilai akhlak yang ada dalam al-Qur’an sangatlah penting dalam membentuk pribadi yang berakhlakul karimah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Sep 2014 07:18
Last Modified: 30 Sep 2014 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item View Item