STRATEGI COPING STRESS GURU ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PENYANDANG AUTIS DI SLB AL-IKHLAS PRAMBON NGANJUK

KHARISMA MUTIARA SANI, 12308193156 (2023) STRATEGI COPING STRESS GURU ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PENYANDANG AUTIS DI SLB AL-IKHLAS PRAMBON NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan Bagaimana Strategi Coping Stress Guru Anak Berkebutuhan Khusus Penyandang Autis diSLB Al-Ikhlas Prambon Nganjuk. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik Pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif naratif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah Guru anak berkebutuhan khusus yang berjumlah 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Coping Stress yang dilakukan Guru SLB berorientasi pada problem focused guru melakukan pendekatan pada anak autis ketika mereka agresif, selain itu dalam menyelesaikan masalahnya guru mencari dukungan teman terdekatnya dengan menyampaikan masalahnya dan meminta saran dari orang tersebut. Kemudian pada emotional focused coping, guru SLB menggunakan Positive Reapprasial untuk memberi penilaian positif dalam pengendalian emosional. Guru melakukan teknik religi, yaitu berdoa agar dia dapat menyelesaikan masalahnya, dan selalu bersyukur atas apa yang dia miliki. Accepting Responsibility penekanan pada tanggung jawabnya menjaga Keselamatan ABK dan menyiapkan rencana pembelajaran sesuai dengan kebutuhan anak, Self Controlling mengontrol dirinya saat emosi untuk tidak melukai anak anak agar tidak terjadi hal hal diluar kendalinya dan Escape Avoidance Menghindarkan Diri dari situasi stres dengan bermain hp, mendengar musik dan mencari suasana baru. Kata kunci: Coping Stress, Guru ABK, Sekolah Luar Biasa

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308193156 KHARISMA MUTIARA SANI
Date Deposited: 29 Apr 2024 07:06
Last Modified: 29 Apr 2024 07:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45145

Actions (login required)

View Item View Item