KHARISMA MUTIARA SANI, 12308193156 (2023) STRATEGI COPING STRESS GURU ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PENYANDANG AUTIS DI SLB AL-IKHLAS PRAMBON NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (188kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (7kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan Bagaimana Strategi Coping Stress Guru Anak Berkebutuhan Khusus Penyandang Autis diSLB Al-Ikhlas Prambon Nganjuk. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik Pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif naratif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah Guru anak berkebutuhan khusus yang berjumlah 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Coping Stress yang dilakukan Guru SLB berorientasi pada problem focused guru melakukan pendekatan pada anak autis ketika mereka agresif, selain itu dalam menyelesaikan masalahnya guru mencari dukungan teman terdekatnya dengan menyampaikan masalahnya dan meminta saran dari orang tersebut. Kemudian pada emotional focused coping, guru SLB menggunakan Positive Reapprasial untuk memberi penilaian positif dalam pengendalian emosional. Guru melakukan teknik religi, yaitu berdoa agar dia dapat menyelesaikan masalahnya, dan selalu bersyukur atas apa yang dia miliki. Accepting Responsibility penekanan pada tanggung jawabnya menjaga Keselamatan ABK dan menyiapkan rencana pembelajaran sesuai dengan kebutuhan anak, Self Controlling mengontrol dirinya saat emosi untuk tidak melukai anak anak agar tidak terjadi hal hal diluar kendalinya dan Escape Avoidance Menghindarkan Diri dari situasi stres dengan bermain hp, mendengar musik dan mencari suasana baru. Kata kunci: Coping Stress, Guru ABK, Sekolah Luar Biasa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi > Psikologi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 12308193156 KHARISMA MUTIARA SANI |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 07:06 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 07:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45145 |
Actions (login required)
View Item |