PENGARUH METODE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK SIANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

ZAHRO’ ALFATMI, 2814123157 (2017) PENGARUH METODE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK SIANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (533kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alfatmi, Zahro. 2016. Pengaruh Metode Two Stay Two Stray (TS-TS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Siang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Two Stay Two Stray (TS-TS) Pembelajaran matematika di SMK Siang tulungagung yang masih cenderung pasif. Hal itu dikarenakan pembelajaran masih terpusat pada guru, guru jarang melibatkan siswa sehingga siswa banyak yang tidak memperhatikan, mengobrol sendiri dan tidak paham tentang materi pelajaran matematika yang diajarkan. Hal ini berpengaruh dengan hasil belajar matematika siswa. Menyikapi permasalahan tersebut penelitian ini dilakakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Two Stay Two Stray (TS-TS). Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Siang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh metode Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Siang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas diberi tritmen yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode Two Stay Two Stray (TS-TS) dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X TKR dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X TPM dengan jumlah 35 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi dan tes. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data siswa dan guru, daftar nilai siswa Ujian Akhir Semester (UAS) semester ganjil, foto pelaksanaan selama penelitian. Observasi digunakan pada saat penelitian berlangsung. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Siang Tulungagung. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai diperoleh sebesar dengan Sig.(2-tailed) , dan . Karena , dan Sig.(2-tailed) Jadi dapat disimpulkan Ada pengaruh yang signifikan metode Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Siang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan effect size maka besarnya pengaruh metode Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap hasil belajar matematika siswa adalah didalam tabel interpretasi nilai Cohen’s maka tergolong besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123157 ZAHRO’ ALFATMI
Date Deposited: 05 Jan 2017 06:33
Last Modified: 05 Jan 2017 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4515

Actions (login required)

View Item View Item