DHIKA LAILATUL RIZKIYA, 1266405201058 (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL BAGI PENGEMBANGAN PEMASARAN UMKM PADA MOLRENG SEUHALATALATA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (539kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (264kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pengembangan Pemasaran UMKM pada Molreng Seuhalatalata Tulungagung” ini ditulis oleh Dhika Lailatul Rizkiya, NIM. 126405201058, Pembimbing Refki Rusyadi, M.Pd.I. UMKM Molreng Seuhalatalata di Tulungagung aktif memanfaatkan media sosial dalam meningkatkan omzet penjualan melalui iklan dan endorsmen. Namun, respon konsumen menunjukkan bahwa strategi mulut ke mulut lebih dominan dibandingkan media sosial. Meskipun masyarakat mengakui keberadaan media sosial, pemasaran offline masih dianggap efektif, namun mereka cenderung mencari informasi lebih lanjut di platform media sosial. Meski demikian, kehadiran media sosial tetap berpengaruh dan bermanfaat sebagai alat pengembangan pemasaran bagi UMKM tersebut. Studi tentang pemanfaatan media sosial bagi UMKM diharapkan memberikan wawasan yang lebih baik untuk pengembangan pemasaran yang optimal, memungkinkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis manfaat media sosial UMKM Molreng Seuhalatalata Tulungagung dalam meningkatkan omzet penjualan. (2) Untuk menganalisis respon target pasar konsumen dalam pengembangan pmasaran UMKM Seuhalatalata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer maupun sekunder, data ini diperoleh peneliti melalui wawancara dan dokumentasi Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Pemanfaatan media sosial UMKM Molreng Seuhalatalata Tulungagung dalam meningkatkan omzet penjualan bahwa UMKM molreng seuhalatalata Tulungagung sangat mempertimbangkan media sosial dalam promosi seperti iklan dan endorsmen. Tetapi pembeli atau konsumen lebih banyak menggunkan strategi mouth to mouth (mulut ke mulut) daripada media sosial. (2) Respon masyarakat dalam target pasar konsumen dalam pengembangan pemasaran UMKM Molreng Seuhalatalata adalah meskipun masyarakat mengenal media sosial tetapi media sosial bukan marketing utama dalam pemasaran masih efektif menggunakan offline secara mulut ke mulut baru ingin mencari tahu lebih selengkapnya di media sosial. Tetapi adanya media sosial sangat berpengaruh dan mempunyai manfaat sebagai pengembangan pemasaran. Kata Kunci : Pengembangan Pemasaran, Media Sosial, UMKM
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > E-Commerce Media Sosial Ekonomi > Strategi Pemasaran Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 126405201058 DHIKA LAILATUL RIZKIYA |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 03:18 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 03:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45207 |
Actions (login required)
View Item |