PENGARUH RELIGIOSITAS, PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN TENTANG PRODUK HALAL TERHADAP KEPATUHAN SERTIFIKASI HALAL OLEH PRODUSEN UMKM DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

RISQIKA YUNAFIROH, 1880508220038 (2024) PENGARUH RELIGIOSITAS, PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN TENTANG PRODUK HALAL TERHADAP KEPATUHAN SERTIFIKASI HALAL OLEH PRODUSEN UMKM DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (465kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh religiositas, pengetahuan, dan pemahaman tentang produk halal terhadap kepatuhan sertifikasi halal oleh produsen UMKM di Kabupaten Tulungagung” ditulis oleh Risqika Yunafiroh, Nim 1880508220038 Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing 1 Dr. Muhammad Aswad, M.A.dan Pembimbing 2 Dr. H. Mashudi, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Potensi produk halal di Kabupaten Tulungagung cukup besar, karena mayoritas penduduknya adalah masyarakat yang beragama Islam sehingga menjadi lahan pasar yang baik dan cocok apabila inovasi dan kreatifitas produk sejalan dengan apa yang telah diatur oleh agama Islam. Dalam hal ini ada problematika yang ada dimana para pelaku UMKM khususnya di kabupaten Tulungagung yang kurangnya kesadaran akan sertifikasi halal karena mereka punya asumsi walaupun tanpa sertifikasi halal usaha mereka tetap akan laku. Sehingga para pelaku usaha tidak melihat bahwa sertifikasi halal merupakan sebuah hal yang penting dalam usaha mereka. Dalam masalah kepatuhan sertifikasi halal disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu religiositas, pengetahuan, dan pemahaman tentang produk halal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh religiositas, pengetahuan, dan pemahaman tentang produk halal terhadap kepatuhan sertifikasi halal oleh produsen UMKM di Kabupaten Tulungagung, Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan metode sampling dan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket, observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini diolah menggunakan alat analisis SPSS.26 degan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Sebelum melakukan analisis regresi linier berganda dilakukan uji validitas dan reabilitas, normalitas data, uji asumsi klasik baik itu multikolinieritas, heterokedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel religiusitas, pengetahuan, dan pemahaman tentang produk halal secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan sertifikasi halal oleh produsen UMKM di Kabupaten Tulungagung , sedangkan variabel pengetahuan yang dominan mempengaruh kepatuhan sertifikasi halal oleh produsen UMKM di Kabupaten Tulungagung dengan beta bernilai paling tinggi diantara variabel lainnya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Entrepreneur
Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1880508220038 RISQIKA YUNAFIROH
Date Deposited: 15 May 2024 02:52
Last Modified: 15 May 2024 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45965

Actions (login required)

View Item View Item