SHAFIRA MAULA BAHRIAN, 126306203131 (2024) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PERILAKU CYBERLOAFING PADA MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (178kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (174kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Perilaku Cyberloaafing Pada Mahasiswa Bimbingan Konseling UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung” ini ditulis oleh Shafira Maula Bahrian, NIM 126306203131, Program Studi Bimbingan KonselingIslam, Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin Addab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ahmad Fauzan, SS.,M.Pd.I. NIP. 198407222023211009. Kata Kunci: Efikasi Diri, Cyberloafing Perkembangan tekonologi yang begitu pesat memiliki peran penuh dalam perkembangan kehidupan manusia, khususnya penggunaan jaringan internet. Internet menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan akademik mereka serta untuk menunjang aktivitas keseharaian lainnya. Akan tetapi kemudahan dalam mengakses internet menimbulkan penyalahgunaan terutama pada mahasiswa, salah satunya yaitu aktivitas cyberloafing. Cyberloafing dalam dunia pendidikan yaitu aktivitas mahasiswa dalam mengakses layanan internet untuk tujuan pribadi yang tidak berhubungan dengan proses pembelajan di dalam kelas. Seperti halnya yang terjadi pada maha siswa Bimbingan Konseling Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, beberapa mahasiswa melakukan aktivitas cyberloafing ketika proses pembelajaran berlangsung. Mahasiswa menggunakan perangkat digitalnya atau menggunakan fasilitas layanan internet kampus untuk berbalas chat, mengakses sosial media, serta membuka situs yang tidak berhubungan dengan pembelajaran. Perilaku cyberloafing ini akan mempengaruhi hasil pembelajaran yang buruk, diamati dari pembelajaran yang tidak efektif dan IPK yang menurun serta kurangnya fokus mahasiswa terhadap pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap perilaku cyberloafing pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif hubungan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang berjumlah 122 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional stratified random sampling dan menentukan jumlah sampel dengan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 89 mahasiswa. Alat ukur menggunakan dua skala yaitu skala efikasi diri dan skala cyberloafing. Uji hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana dengan bantuan IBM SPSS 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri mahasiswa dikategorikan sedang (Mean = 72,90), perilaku cyberloafing mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung termasuk dalam kategori sedang (Mean = 36,38). Hasil analisis diketahui bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap perilaku cyberloafing mahasiswa sebesar 23,9% dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 126306203131 SHAFIRA MAULA BAHRIAN |
Date Deposited: | 20 May 2024 03:15 |
Last Modified: | 20 May 2024 03:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46087 |
Actions (login required)
View Item |