IMPLEMENTASI MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG

KHOIRIYATUN NISA, 126205203236 (2024) IMPLEMENTASI MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Model Mind Mapping dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung” ditulis oleh Khoiriyatun Nisa, NIM 126205203236, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci: Implementasi Model Mind Mapping, Kreativitas Belajar Peserta didik mempunyai kreativitas belajar yang berbeda-beda. Kreativitas belajar peserta didik dapat dikembangkan pada saat pembelajaran. Pembelajaran IPAS menggunakan model mind mapping membuat peserta didik menjadi aktif, kreatif, kritis serta membuat pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan model mind mapping dalam meningkatkan kreativitas belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial pada peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan model mind mapping dalam meningkatkan kreativitas belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial pada peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi model mind mapping dalam meningkatkan kreativitas belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial pada peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung?. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, angket dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan (Credibility), uji keteralihan (Tranferability), uji kebergantungan (Dependability), dan uji kepastian (Confirmability). Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan guru yaitu membuat modul ajar pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial menggunakan model mind mapping dan membuat pembelajaran berupa gambar mind mapping, perencanaan peserta didik yaitu mempersiapkan alat tulis menulis dan media, belajar berfikir, mencari jawaban serta bertanya kepada orang lain. (2) Pelaksanaan guru yaitu menghargai hasil fikiran kreatif peserta didik, respek terhadap pertanyaan yang dilontarkan peserta didik serta guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menjelaskan kepada temannya yang belum memahami, perencanaan peserta didik yaitu menghimpun data, timbulnya inspirasi baru atau insight dan membuat mind mapping. (3) Evaluasi guru yaitu melakukan evaluasi sesama guru mata pelajaran, evaluasi dengan peserta didik dan guru mengikuti kemauan peserta didik, evaluasi peserta didik yaitu peserta didik lebih aktif, kreatif, kritis, pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan serta peserta didik dapat menghasilkan karya baru berupa hasil mind mapping yang beragam bentuknya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203236 KHOIRIYATUN NISA
Date Deposited: 30 May 2024 08:09
Last Modified: 30 May 2024 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46283

Actions (login required)

View Item View Item