KHOIRIYATUN NISA, 126205203236 (2024) IMPLEMENTASI MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (328kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (902kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (218kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Model Mind Mapping dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung” ditulis oleh Khoiriyatun Nisa, NIM 126205203236, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci: Implementasi Model Mind Mapping, Kreativitas Belajar Peserta didik mempunyai kreativitas belajar yang berbeda-beda. Kreativitas belajar peserta didik dapat dikembangkan pada saat pembelajaran. Pembelajaran IPAS menggunakan model mind mapping membuat peserta didik menjadi aktif, kreatif, kritis serta membuat pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan model mind mapping dalam meningkatkan kreativitas belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial pada peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan model mind mapping dalam meningkatkan kreativitas belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial pada peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi model mind mapping dalam meningkatkan kreativitas belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial pada peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung?. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, angket dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan (Credibility), uji keteralihan (Tranferability), uji kebergantungan (Dependability), dan uji kepastian (Confirmability). Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan guru yaitu membuat modul ajar pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial menggunakan model mind mapping dan membuat pembelajaran berupa gambar mind mapping, perencanaan peserta didik yaitu mempersiapkan alat tulis menulis dan media, belajar berfikir, mencari jawaban serta bertanya kepada orang lain. (2) Pelaksanaan guru yaitu menghargai hasil fikiran kreatif peserta didik, respek terhadap pertanyaan yang dilontarkan peserta didik serta guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menjelaskan kepada temannya yang belum memahami, perencanaan peserta didik yaitu menghimpun data, timbulnya inspirasi baru atau insight dan membuat mind mapping. (3) Evaluasi guru yaitu melakukan evaluasi sesama guru mata pelajaran, evaluasi dengan peserta didik dan guru mengikuti kemauan peserta didik, evaluasi peserta didik yaitu peserta didik lebih aktif, kreatif, kritis, pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan serta peserta didik dapat menghasilkan karya baru berupa hasil mind mapping yang beragam bentuknya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203236 KHOIRIYATUN NISA |
Date Deposited: | 30 May 2024 08:09 |
Last Modified: | 30 May 2024 08:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46283 |
Actions (login required)
View Item |