PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STUDENT CENTERED APPROACH TERHADAP PROBLEM SOLVING SKILL DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL KELAS X SMAN 1 GONDANG

YASMIN AYU FADHILAH, 126204202135 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STUDENT CENTERED APPROACH TERHADAP PROBLEM SOLVING SKILL DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL KELAS X SMAN 1 GONDANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (813kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (852kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Student Centered Approach terhadap Problem Solving Skill dan Hasil Belajar pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel kelas X SMAN 1 Gondang” ini ditulis oleh Yasmin Ayu Fadhilah, NIM. 126204202135, dosen pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata kunci : Problem Based Learning, Student Centered Approach, Problem Solving Skill, Hasil Belajar. Penelitian ini dilakukan karena belum di terapkannya model pembelajaran problem based learning dengan student centered approach di sekolah khususnya pada mata pelajaran matematika dalam melihat problem solving skill dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat digunakan guru dalam memilih model pembelajaran ketika melihat perkembangan problem solving skill siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya dalam materi sistem persamaan linier tiga variable di kelas X . Pembelajaran problem based learning dengan student centered approach merupakan suatu pembelajaran yang mampu melibatkan anak langsung kedalam kehidupan nyata dengan memecahkan permasalahan sendiri makna dan tujuan dari suatu ma teri pembelajaran. Pembelajaran dengan model Problem Based Learning dengan student centered approach mengusahakan anak selalu aktif sehingga mereka memperoleh berbagai pengalaman dalam rangka menemukan sendiri konsep-konsep yang ada. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model problem based learning dengan student centred approach terhadap Problem Solving Skill dan hasil belajar pada materi sistem persamaan linier tiga variabel kelas X SMAN 1 Gondang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian semu dan desain penelitiannya menggunakan Quasi Exspereminetal Design dengan metode Posttest-only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMAN 1 Gondang. Sampel penelitian adalah kelas X-10 dan kelas X-11. Adapun kelas X-10 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-11 sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan Teknik observasi, Teknik tes, dan Teknik dokumentasi. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh problem based learning dengan student centered approach terhadap problem solving skill siswa pada materi sistem persamaan linier tiga variabel siswa kelas X SMAN 1 Gondang dengan keperolehan perhitungan nilai Sig.(2- tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh problem based learning dengan student centered approach terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linier tiga variabel siswa kelas X SMAN 1 Gondang dengan keperolehan perhitungan nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202135 YASMIN AYU FADHILAH
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:15
Last Modified: 05 Aug 2024 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46486

Actions (login required)

View Item View Item