PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL

ASMAUL HASANAH, 126201201034 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMPN 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Asmaul Hasanah, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 126201201034 Tahun 2024 dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Minat Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh siswa di SMPN 1 Sumbergempol yang tidak semuanya memiliki minat belajar. Minat belajar mempunyai pengaruh yang besar bagi siswa, tanpa adanya minat belajar maka pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik. Untuk meningkatkan minat belajar siswa tentu tidak lepas dari peran seorang guru, sehingga dapat di lihat bahwa peran guru sangat penting dan berdampak besar terhadap kualitas belajar siswa, diantaranya guru sebagai motivator, innovator, dan evaluator. Yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa, menumbuhkan ilmu keterampilan dan pengetahuan siswa melalui sebuah pendidikan untuk mencetak generasi bangsa yang berprestasi. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 1 Sumbergempol? (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai innovator dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 1 Sumbergempol? (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 1 Sumbergempol? Pendeketan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian ini terletak di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Pengabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dari hasil papran data dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator yaitu, membuka pemahaman terlebih dahulu kepada siswa mengenai materi yang diajarkan, memberi pujian atas hasil pencapaian belajar siswa, sesekali memberi reward (penghargaan) tidak harus berupa uang, memberi dorongan dengan memberi tahu hasil dari nilai tugas nya, memberi pemahaman ulang terkait materi yang belum difahami, memberi contoh/ menginspirasi siswa. 2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai innovator yaitu, menggunakan metode ceramah dengan menghubungkan fenomena/ keadaan sekitar, menggunakan metode hafalan dengan aplikasi spin, menggunakan metode tutor sebaya sebagai acuan pembelajaran yang lebih maksimal. 3) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator yaitu, guru melakukan evaluasi secara formatif dan sumatif, guru memberikan hasil nilai apa adanya sesuai kemampuan siswa. Untuk mengetahui hasil pencapaian belajarnya, guru melakukan evalusi langsung pada siswa dengan cara memberi tugas penilaian harian, praktek, tes lisan, hafalan, mengerjakan buku paket, lks, UTS maupun PAS

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201034 ASMAUL HASANAH
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:03
Last Modified: 04 Jun 2024 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46531

Actions (login required)

View Item View Item