PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QURAN HADIS SISWA KELAS VII DI MTsN 1 BLITAR

MICHEL AZAHRA FIRDAUS, 126201203251 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QURAN HADIS SISWA KELAS VII DI MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (853kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (874kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (696kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (946kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (610kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Al-Quran Hadis Siswa Kelas VII di MTsN 1 Blitar” ditulis oleh Michel Azahra Firdaus, NIM. 126201203251. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar, Al-Quran Hadis. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh teori yang diungkapkan oleh Spencer Kagan yang mengungkapkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagi hasil dan informasi dengan kelompok lain. Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang harus dikembangkan oleh guru dalam proses pembelajaran, agar dapat mencapai hasil belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Oleh karena itu penulis bermaksud menguji teori tersebut melalui penelitian yang dilakukan di MTsN 1 Blitar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui gambaran tentang pembelajaran Al-Quran Hadis di MTsN 1 Blitar, (2) Mengetahui dan menguji apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar kognitif Al-Quran Hadis siswa kelas VII di MTsN 1 Blitar, (3) Mengetahui dan menguji apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar afektif Al-Quran Hadis siswa kelas VII di MTsN 1 Blitar, (4) Mengetahui dan menguji apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar psikomotorik Al-Quran Hadis siswa kelas VII di MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen murni. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 40 siswa. Adapun instrumen penelitian yang digunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas dan homogenitas, uji t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan metode pembelajaran Al-Quran Hadis di MTsN 1 Blitar antara lain dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, kelompok, dan hafalan. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar kognitif Al-Quran Hadis siswa kelas VII di MTsN 1 Blitar, dengan perhitungan uji t-test untuk hasil belajar kognitif menghasilkan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 3,040 > 2,02439 dan sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar afektif Al-Quran Hadis siswa kelas VII di MTsN 1 Blitar, dengan perhitungan uji t-test untuk hasil belajar afektif menghasilkan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 3,316 > 2,02439 dan sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05. (4) Ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar psikomotorik Al-Quran Hadis siswa kelas VII di MTsN 1 Blitar, dengan perhitungan uji t-test untuk hasil belajar psikomotorik menghasilkan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 2,240 > 2,02439 dan sig. (2-tailed) 0,031 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203251 MICHEL AZAHRA FIRDAUS
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:47
Last Modified: 04 Jun 2024 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46534

Actions (login required)

View Item View Item