PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

RIZA UMAMI, 126201201013 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (550kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (624kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Riza Umami, NIM. 126201201013, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing skripsi : Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga peserta didik menjadi pasif dan kurang memahami penjelasan materi dari guru. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Numbered Head Together (NHT) adalah variasi dari model pembelajaran yang melakukan diskusi secara berkelompok yang dimana setiap peserta didik dalam kelompok akan mendaparkan nomor dan mampu mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar ranah afektif peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar ranah psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung? (4) Adakah pengaruh secara bersama-sama yang positif dan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design tipe Nonequivalent Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 319 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII-A dan kelas VIII-B, adapun kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. Hal tersebut dibuktikan dari uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,48 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran kooepratif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar ranah afektif peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. Hal tersebut dibuktikan dari uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran kooepratif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar ranah psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. Hal tersebut dibuktikan dari uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,029 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. (4) Ada pengaruh secara bersama-sama yang positif dan signifikan model pembelajaran kooepratif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. Hal tersebut dibuktikan dari uji manova diperoleh nilai sig. sebesar 0,001 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201013 RIZA UMAMI
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:50
Last Modified: 04 Jun 2024 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46535

Actions (login required)

View Item View Item