KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MTS SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJARNYA

DYAH MAULIDA AMIN, 126204201024 (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MTS SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJARNYA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (403kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Belajarnya” ini ditulis oleh Dyah Maulida Amin, NIM. 126204201024, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Berpikir Kritis, Bangun Ruang Sisi Datar, Gaya Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa yang masih kurang. Siswa masih bisa mengikuti ketika menyelesaikan persoalan bersama guru, akan tetapi ketika diberi soal baru, siswa tidak berpikir kritis sehingga salah dalam menyelesaikannya. Selain itu, dengan berbagai jenis gaya belajar siswa, dapat pula mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, diperlukan adanya analisis terkait kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan gaya belajar terlebih dahulu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dalam memecahkan masalah pada materi bangun ruang sisi datar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. lokasi penelitian adalah MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Peneliti mengambil subjek berdasarkan perbedaan gaya belajar, yakni 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditori, dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini yaitu: (1) siswa dengan gaya belajar visual memenuhi 3 indikator berpikir kritis yakni reason, situation, dan clarity sehingga dapat dikategorikan dalam TBK 1, (2) siswa dengan gaya belajar auditori memnuhi 4 indikator berpikir kritis yakni reason, inference, situstion, dan clarity sehingga dapat dikategorikan dalam TBK 2, (3) siswa dengan gaya belajar kinestetik memenuhi 3-4 indikator berpikir kritis yakni reason, inference, situation, dan clarity sehingga dapat diaktegorikan dalam TBK 1 ataupun TBK 2.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201024 DYAH MAULIDA AMIN
Date Deposited: 05 Jun 2024 01:34
Last Modified: 05 Jun 2024 01:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46543

Actions (login required)

View Item View Item