ROUDLOTUL JANNAH, 126208202073 (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENGEMBANGAN SOFT SKILL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MAN 2 JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (666kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (481kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Efektivitas Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Pengembangan Soft Skill dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MAN 2 Jombang” ini ditulis oleh Roudlotul Jannah, NIM. 126208202073, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Soft Skill, Think Pair Share (TPS). Fenomena pembelajaran yang masih bersifat teacher centered di sebagian sekolah saat ini masih menjadi faktor utama peserta didik kurang aktif dan kritis dalam belajar. Pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat membuat peserta didik cenderung pasif dan kurang mampu mengembangkan kemaampuan soft skill-nya, karena peserta didik hanya menerima materi tanpa mau memberikan feedback dari pembelajarannya. Padahal, adanya feedback tersebutlah yang akan berdampak pada proses belajarnya, sehingga mampu meningkatkan kemampuan soft skill dan hasil belajar peserta didik. Melihat keadaan tersebut, maka peneliti menerapkan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang diharapkan mampu mengembangkan soft skill sekaligus meningkatkan hasil belajarnya terutama pada pembelajaran yang bersifat saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) terhadap pengembangan soft skill (kemampuan kerja sama) peserta didik kelas X MAN 2 Jombang, (2) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) terhadap pengembangan soft skill (kemampuan komunikasi) peserta didik kelas X MAN 2 Jombang, (3) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MAN 2 Jombang, dan (4) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) terhadap pengembangan soft skill (kemampuan kerja sama dan komunikasi) dan hasil belajar peserta didik kelas X MAN 2 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN 2 Jombang Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024. Sedangkan sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X-I sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), dan kelas X-J sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, metode pengambilan data melalui metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Metode observasi dan angket digunakan untuk memperoleh data terkait perkembangan soft skill (kemampuan kerja sama dan komunikasi) peserta didik. Sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik. Sementara metode dokumentasi digunakan untuk menggali data terkait data sekolah, data peserta didik, dan foto kegiatan pembelajaran. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney Test dan uji Kruskal Wallis Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif untuk mengembangkan soft skill (kemampuan kerja sama) peserta didik kelas X MAN 2 Jombang yang ditunjukkan oleh hasil uji Mann-Whitney Test dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 (yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan) dan hasil persentase peningkatan nilai pada grafik secara signifikan (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif untuk mengembangkan soft skill (kemampuan komunikasi) peserta didik kelas X MAN 2 Jombang yang ditunjukkan oleh hasil uji Mann-Whitney Test dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 (yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan) dan hasil persentase peningkatan nilai pada grafik secara signifikan (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MAN 2 Jombang yang ditunjukkan oleh hasil uji Mann-Whitney Test dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 (yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan) dan hasil persentase peningkatan nilai pada grafik secara signifikan dan (4) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif untuk mengembangkan soft skill (kemampuan kerja sama dan komunikasi) dan hasil belajar peserta didik kelas X MAN 2 Jombang yang ditunjukkan oleh hasil uji Kruskal Wallis Test dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 (yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan) dan hasil persentase peningkatan nilai pada grafik secara signifikan. Dengan adanya hasil tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berdampak positif terhadap perkembangan soft skill (kemampuan kerja sama dan komunikasi) dan hasil belajar peserta didik dan lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan kerja sama, komunikasi, dan hasil belajar peserta didik kelas X MAN 2 Jombang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208202073 ROUDLOTUL JANNAH |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 07:16 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 07:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46672 |
Actions (login required)
View Item |