PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS II MI DARUL ULUM REJOTANGAN TULUNGAGUNG

Tria Wulandari Aprilia, 2817123165 (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS II MI DARUL ULUM REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.BAB I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB II.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
4.BAB III.pdf

Download (443kB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf

Download (574kB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
7.DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
8.LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Bumi dan Alam Semesta (Kenampakan Matahari di Bumi) pada Peserta Didik Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Tria Wulandari Aprilia, NIM.2817123165, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Rejotangan Tulungagung dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik Ilmu Pengetahuan Alam kurang bervariasi. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ada beberapa model pemebelajaran yang bisa digunakan pendidik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satunya adalah Model Kooperatif Tipe Talking Stick, yaitu merupakan metode pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat yang mengajak peserta didik untuk siap menjawab pertanyaan dalam situasi apapun dan bertujuan agar peserta didik mempunyai jiwa kemandirian dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan bumi dan alam semesta (kenampakan matahari di bumi) peserta didik kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Rejotangan Tulungagung? (2) Apakah setelah diterapkan model kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan bumi dan alam semesta (kenampakan matahari di bumi) peserta didik kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Rejotangan Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan bumi dan alam semesta (kenampakan matahari di bumi) peserta didik kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Rejotangan Tulungagung. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar model kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan bumi dan alam semesta (kenampakan matahari di bumi) peserta didik kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Rejotangan Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar mulai dari pre test, post test siklus I, sampai post test siklus II. Nilai pre test peserta didik kelas II MI Darul Ulum Rejotangan Tulungagung dengan tingkat keberhasilan masih berada dibawah KKM yaitu 75. Peserta didik yang memperoleh nilai ≤75 sebanyak 8 peserta didik (57,2%) dan peserta didik yang memperoleh nilai ≥75 sebanyak 6 peserta didik (42,8%), dengan rata-rata kelas 67,86. Pada post test siklus I peserta didik yang memperoleh nilai ≤75 sebanyak 7 peserta didik (50%) dan peserta didik yang memperoleh nilai ≥75 sebanyak 7 peserta didik (50%), dengan rata-rata kelas 68,21. Sedangkan nilai post test pad siklus II peserta didik yang memperoleh nilai ≤75 sebanyak 1 peserta didik (7,2%) dan peserta didik yang memperoleh nilai ≥75 sebanyak 13 peserta didik (92,8%), dengan rata-rata kelas 90,35. Pada siklus II hasil belajar peserta didik meningkat dengan presentase ketuntasan 92,8%. Dengan demikian pada rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II, yaitu sebesar 22,14 begitu pula pada ketuntasan belajar IPA terjadi peningkatan sebesar 42,8% dari siklus I ke siklus II. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 68,21 (50%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 90,35 (92,8%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 42,8%. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan bumi dan alam semesta (kenampakan matahari di bumi) peserta didik kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123165 Tria Wulandari Aprilia
Date Deposited: 24 Jan 2017 03:40
Last Modified: 24 Jan 2017 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4669

Actions (login required)

View Item View Item