PRAKTIK DISKON PENJUALAN PRODUK MENDEKATI KEDALUWARSA DALAM TINJAUAN UU NO.8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus pada Toko Maima Snack di Tulungagung)

SASKIA OLVI DEANSYAH, 126101202158 (2024) PRAKTIK DISKON PENJUALAN PRODUK MENDEKATI KEDALUWARSA DALAM TINJAUAN UU NO.8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus pada Toko Maima Snack di Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Saskia Olvi Deansyah,126101202158, Praktik Diskon Penjualan Produk Mendekati Kedaluwarsa dalam Tinjauan UU No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Hukum Islam (Studi Kasus Pada Toko Maima Snack di Tulungagung), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing Muflihatul Bariroh, M.Si. Kata Kunci: Diskon Produk Mendekati Kedaluwarsa, Hukum Perlindungan Konsumen, Hukum Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya produk-produk yang sudah mendekati masa kedaluwarsa dan masih tetap dipasarkan dengan berbagai diskon termasuk yang terdapat di Toko Maima Snack Tulungagung. Sedangkan mengkonsumsi produk mendekati kedaluwarsa dapat mendatangkan bahaya bagi kesehatan dan kemudharatan bagi yang mengkonsumsinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana praktik diskon penjualan produk mendekati kedaluwarsa pada toko Maima Snack di Tulungagung? 2) Bagaimana praktik diskon penjualan produk mendekati kedaluwarsa pada toko Maima Snack di Tulungagung dalam tinjauan hukum perlindungan konsumen? 3) Bagaimana praktik diskon penjualan produk mendekati kedaluwarsa pada toko Maima Snack di Tulungagung dalam tinjauan hukum Islam? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penjualan produk diskon yang mendekati kedaluwarsa pada Toko Maima Snack sudah berjalan cukup lama, banyak konsumen yang tertarik pada produk diskon, dan banyak pula konsumen yang acuh pada informasi produk, serta tidak adanya informasi terkait produk diskon yang memang sudah mendekati masa kedaluwarsanya sehingga tidak ada keterbukaan informasi 2) Praktik penjualan produk mendekati kedaluwarsa di Toko Maima Snack dalam tinjauan UUPK Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), kurang sesuai sebagaimana diatur dalam undang-undang. Pelaku usaha tidak memenuhi hak-hak konsumen yang diatur pada Pasal 4 UUPK, Pasal 7 ayat (b), (c), (d), dan (e), Pasal 9 UUPK. 3) Penjualan produk mendekati kedaluwarsa yang diperjualbelikan di Toko Maima Snack dalam tinjauan hukum Islam ini kurang memenuhi rukun jual beli dan prinsip jual beli dalam Islam, yaitu prinsip maslahah, kebebasan berinteraksi dan ta`awun.Karena tidak terpenuhinya syarat barang yang diperjualbelikan dan dapat menimbulkan kemudharatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101202158 SASKIA OLVI DEANSYAH
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:47
Last Modified: 06 Jun 2024 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46718

Actions (login required)

View Item View Item