PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII MATERI PLSV DI MTs NEGERI 7 TULUNGAGUNG

SEPTIA DWI PURWANTI, 126204203172 (2024) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII MATERI PLSV DI MTs NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (707kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII Materi PLSV di MTs Negeri 7 Tulungagung” ditulis oleh Septia Dwi Purwanti, NIM. 126204203172, Jurusan Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU) yang dibimbing oleh Nani Sunarmi, S.Si.,M.Sc. Kata Kunci : Model Reciprocal Teaching, Kemampuan Pemahaman Matematis, Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman matematis pada siswa. Hal ini disebabkan karena sekolah saat ini sedang merintis untuk menerapkan kurikulum merdeka, pada proses pembelajarannya model pembelajaran yang dibangun oleh guru saat ini masih cendrung menggunakan metode ceramah. Dalam proses peralihan kurikulum ini guru sering kali menghadapi kendala dalam menerapkan proses pembelajaran yang sesuai di dalam kelas, dimana proses pembelajaran dikelas murid cendrung mendengarkan dan membuat catatan saja yang menjadikan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Sehingga siswa sering kali pada proses pembelajaran penyesuaian kurikulum terbaru ini masih banyak yang memiliki pemahaman matematis yang kurang atau masih rendah pada beberapa materi matematika. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran inovatif yang mendukung, salah satunya yaitu model pembelajaran Reciprocal Teaching. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII materi PLSV di MTs Negeri 7 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII materi PLSV di MTs Negeri 7 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan desain The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Negeri 7 Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diambil dari hasil nilai posttest, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pemberian model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII materi PLSV di MTs Negeri 7 Tulungagung dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (2) Besar pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII materi PLSV di MTs Negeri 7 Tulungagung adalah 0,93. Hal ini ditunjukkan dari hasil nilai S_pooled=9,4. Selanjutnya data dianalisis dengan rumus Effect Size Cohen’s menghasilkan d=0,93 dalam interpretasi 82,4% maka besar pengaruhnya tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203172 SEPTIA DWI PURWANTI
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:35
Last Modified: 06 Jun 2024 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46769

Actions (login required)

View Item View Item