POLA KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

RIZZA FADILLA NUR RINA, 126205201016 (2024) POLA KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (338kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pola Komunikasi Guru dalam Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Rizza Fadilla Nur Rina, nomor induk mahasiswa 126205201016. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Pola Komunikasi, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya motivasi belajar siswa dalam proses kegiatan pembelajaran, maka dari itu guru harus memperhatikan pola komunikasi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa lainnya, sehingga akan tercipta motivasi belajar yang meningkat melalui pola komunikasi yang baik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pola komunikasi guru satu arah dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana pola komunikasi guru dua arah dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana pola komuikasi guru multi arah dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung?. Adapun tujuan peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan terkait pola komunikasi guru yang meliputi satu arah, dua arah dan multi arah dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Lokasi penelitiannya di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan : 1) observasi partisipan, 2) wawancara terstruktur, 3) dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) Pola komunikasi satu arah akan memberikan kepuasan guru dalam menyampaikan materi, namun siswa menjadi pasif dan guru tidak mengetahui tingkat pemahaman siswa. Upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar guru berusaha semaksimal mungkin dalam menyampaikan materi. (2) Pola komunikasi dua arah guru dapat berinteraksi secara langsung dengan siswa sehingga guru dapat mengetahui tingkat pemahaman siswa, namun dalam pelaksanaannya suasana kelas menjadi kurang kondusif dikarenakan waktu banyak digunakan untuk tanya jawab. Upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar guru mengadakan tanya jawab. (3) Pola komunikasi multi arah guru lebih berperan aktif dan siswa dapat bekerja sama dengan kelompoknya dalam menyampaikan gagasan, namun pola komunikasi ini menyita waktu yang cukup lama. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar dengan cara memberi apresiasi dan menggunakan media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201016 RIZZA FADILLA NUR RINA
Date Deposited: 11 Jun 2024 03:46
Last Modified: 11 Jun 2024 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46884

Actions (login required)

View Item View Item