STRATEGI GURU QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN TULUNGAGUNG 1- TULUNGAGUNG

SITI MAHMUDAH, 2811123210 (2017) STRATEGI GURU QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN TULUNGAGUNG 1- TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Qur’an Hadist dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Tulungagung 1” ini ditulis oleh Siti Mahmudah, NIM. 2811123210, pembimbing Dr. H. Abd. Aziz,M.Pd.I Kata kunci : Motivasi,Guru dan Siswa. Motivasi adalah aspek yang sangat penting untuk membelajarkan siswa. Al-Qur’an penting tapi banyak siswa yang kurang termotivasi belajar Al-Qur’an. Tanpa adanya motivasi, tidak mungkin siswa memiliki kemauan untuk belajar. Oleh karena itu membangkitkan motivasi merupakan salah satu peran dan tugas guru dalam setiap proses pembelajaran. Agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan maksimal dan terarah. Guru adalah orang dewasa yang secara sadar bertanggug jawab dalam mendidik, mengajar, dan membimbing peserta didik. Orang yang disebut guru adalah orang yang memiliki kemampuan merancang program pembelajaran serta menata dan mengelola kelas agar peserta didik dapat belajar dan pada akhirnya dapat mencapai tingkat kedewasaan sebagai tujuan akhir dari proses pendidikan. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah a.Untuk mendiskripsikan strategi guru Qur’an Hadist dalam meningkatkan motivasi Instrinsik siswa di MAN Tulungagung 1.b.Untuk mendeskripsikan strategi guru Qur’an Hadist dalam meningkatkan motivasi Ekstrinsik siswa di MAN Tulungagung 1. c.Untuk Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari memotivasi siswa dalam mata pelajaran Qur’an Hadist di MAN Tulungagung 1. Metode penelitian dari skripsi ini adalah yang pertama menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data utama adalah guru Qur’an Hadist dan perangkat MAN Tulungagung 1. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dan dari hasil penelitian tersebut, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa Guru Qur’an Hadist di MAN Tulungagung 1 sudah memiliki semua indikator yang terkandung pada setiap pembelajaran. Peneliti telah melakukan penelitian dengan mengecek indikator-indikator yang ada pada setiap kompetensi, dan hasilnya menunjukkan ini, Guru Qur’an Hadist di MAN Tulungagung 1 sudah memilikinya, dan sudah diaplikasikan pada proses pembelajaran. Sehingga sangat berkompetensi ini juga menunjang dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Qur’an Hadist. Dalam melaksanakan pendidikan perlu diketahui dan diperhatikan adanya faktor-faktor yang ikut menentukan barhasil atau tidaknya pendidikan tersebut. Begitu juga dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadist, tentunya juga dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat di dalam pelaksanaannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123210 SITI MAHMUDAH
Date Deposited: 27 Jan 2017 01:36
Last Modified: 27 Jan 2017 01:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4699

Actions (login required)

View Item View Item