PUTRI ALIFIA LAILATU SIFA, 126212201001 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATANAMA SENYAWA DENGAN BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA KIMIA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (622kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tatanama Senyawa dengan Berbantuan Media Ular Tangga Kimia” ini ditulis oleh Putri Alifia Lailatu Sifa, NIM. 126212201001, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ifah Silfianah, M. Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Gaems Tournaments (TGT), Minat Belajar, Hasil Belajar, Tatanama Senyawa, Ular Tangga Kimia Rendahnya minat dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yakni fasilitas belajar yang kurang. Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Gaems Tournaments (TGT) diharapkan mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Siswa diharapkan mampu memahami materi kimia khususnya materi tatanama senyawa dengan berbantuan media ular tangga kimia. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) terhadap minat belajar siswa pada materi tatanama senyawa dengan berbatuan media ular tangga kimia. 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi tatanama senyawa dengan berbatuan media ular tangga kimia. 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi tatanama senyawa dengan berbatuan media ular tangga kimia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif jenis Quasi Exsperimental Design (Eksperimen Semu) pada bentuk Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas X IPA MAN 3 Tulungagung. Sampel yang digunakan yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dan X IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan untuk dalam mengambil sampel pada penelitian ini Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket untuk mengukur minat belajar siswa dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Pengukuran instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran butir soal, dan daya beda butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji manova. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap minat belajar siswa pada materi tatanama senyawa dengan berbantuan media ular tangga kimia dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi tatanama senyawa dengan berbantuan media ular tangga kimia dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. 3) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi tatanama senyawa dengan berbantuan media ular tangga kimia dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Kimia Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 126212201001 PUTRI ALIFIA LAILATU SIFA |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 04:51 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 04:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47158 |
Actions (login required)
View Item |