PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATANAMA SENYAWA DENGAN BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA KIMIA

PUTRI ALIFIA LAILATU SIFA, 126212201001 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATANAMA SENYAWA DENGAN BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA KIMIA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tatanama Senyawa dengan Berbantuan Media Ular Tangga Kimia” ini ditulis oleh Putri Alifia Lailatu Sifa, NIM. 126212201001, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ifah Silfianah, M. Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Gaems Tournaments (TGT), Minat Belajar, Hasil Belajar, Tatanama Senyawa, Ular Tangga Kimia Rendahnya minat dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yakni fasilitas belajar yang kurang. Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Gaems Tournaments (TGT) diharapkan mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Siswa diharapkan mampu memahami materi kimia khususnya materi tatanama senyawa dengan berbantuan media ular tangga kimia. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) terhadap minat belajar siswa pada materi tatanama senyawa dengan berbatuan media ular tangga kimia. 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi tatanama senyawa dengan berbatuan media ular tangga kimia. 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi tatanama senyawa dengan berbatuan media ular tangga kimia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif jenis Quasi Exsperimental Design (Eksperimen Semu) pada bentuk Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas X IPA MAN 3 Tulungagung. Sampel yang digunakan yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dan X IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan untuk dalam mengambil sampel pada penelitian ini Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket untuk mengukur minat belajar siswa dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Pengukuran instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran butir soal, dan daya beda butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji manova. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap minat belajar siswa pada materi tatanama senyawa dengan berbantuan media ular tangga kimia dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi tatanama senyawa dengan berbantuan media ular tangga kimia dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. 3) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi tatanama senyawa dengan berbantuan media ular tangga kimia dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Kimia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212201001 PUTRI ALIFIA LAILATU SIFA
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:51
Last Modified: 19 Jun 2024 04:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47158

Actions (login required)

View Item View Item