PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP LABA BERSIH DENGAN VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT UNILEVER INDONESIA Tbk

AYUNDA TRI APRILIANA, 126403202079 (2024) PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP LABA BERSIH DENGAN VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT UNILEVER INDONESIA Tbk. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (549kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (494kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Distribusi Terhadap Laba Bersih Dengan Volume Penjualan Sebagai Variabel Intervening Pada PT Unilever Indonesia Tbk” ini ditulis oleh Ayunda Tri Apriliana, NIM. 126403202079, pembimbing Dr. Ali Mauludi AC, M.A. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh dalam perkembangan dunia bisnis yang sangat pesat ini, tingkat persaingan sangat tinggi sehingga hanya badan usaha yang memiliki kinerja atau performa yang baik dapat bertahan. Kelangsungan hidup perusahaan akan terus dijaga dengan berusaha memperoleh laba yang maksimal. Laba bersih merupakan keuntungan yang didapatkan perusahaan setelah dilakukannya pemotongan dana yang digunakan untuk operasional perusahaan. Banyak cara yang dapat ditempuh untuk memperoleh laba maksimal, salah satunya adalah dengan meningkatkan volume penjualan dan menekan biaya produksi dan biaya distribusi yang akan dikeluarkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Untuk menganalisis pengaruh biaya produksi terhadap volume penjualan pada PT Unilever Indonesia Tbk. 2) Untuk menganalisis pengaruh biaya distribusi terhadap volume penjualan pada PT Unilever Indonesia Tbk. 3) Untuk menganalisis pengaruh biaya produksi terhadap laba bersih pada PT Unilever Indonesia Tbk. 4) Untuk menganalisis pengaruh biaya distribusi terhadap laba bersih pada PT Unilever Indonesia Tbk. 5) Untuk menganalisis pengaruh volume penjualan terhadap laba bersih pada PT Unilever Indonesia Tbk. 6) Untuk menganalisis pengaruh biaya produksi terhadap laba bersih melalui volume penjualan sebagai variabel intervening pada PT Unilever Indonesia Tbk. 7) Untuk menganalisis pengaruh biaya disribusi terhadap laba bersih melalui volume penjualan sebagai variabel intervening pada PT Unilever Indonesia Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data publikasi laporan keuangan dari PT Unilever Indonesia Tbk. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 40 yang didapatkan dari laporan data triwulan dari PT Unilever Indonesia Tbk selama 10 tahun yaitu 2013-2022. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan alat bantu software IBM SPSS Statistic versi 24.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. 2) Biaya distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. 3) Biaya produksi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap laba bersih. 4) Biaya distribusi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap laba bersih. 5) Volume penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih. 6) Biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih melalui volume penjualan sebagai variabel intervening pada PT Unilever Indonesia Tbk. 7) Biaya distribusi tidak berpengaruh terhadap laba bersih melalui volume penjualan sebagai variabel intervening pada PT Unilever Indonesia Tbk. Kata Kunci: Biaya Distribusi, Biaya Produksi, Laba Bersih, Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Kinerja Keuangan
Ekonomi > Sosial Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 126403202079 AYUNDA TRI APRILIANA
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:13
Last Modified: 19 Jun 2024 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47188

Actions (login required)

View Item View Item