PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI MTsN 7 TULUNGAGUNG

NABILA ANJANI, 126208202061 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (561kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Nabila Anjani, NIM 126208202061, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi tadris Biologi, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Hasil belajar, Kemampuan berpikir kritis, Kooperatif Tipe Jigsaw. Pembelajaran IPA masih teoritis, terutama pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Terdapat peserta didik yang masih mengalami kesulitan dalam kerjasama antar kelompok, komunikasi, dan penyelesaian masalah yang diberikan oleh guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Maka dari itu, perlu diadakannya inovasi model pembelajaran yang menarik, kreatif, dan tidak membosankan bagi siswa. Salah satu model pembelajaran yang inovatif yaitu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Menganalisis pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa kelas VII di MTsN 7 Tulungagung. (2) Menganalisis pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil belajar siswa kelas VII di MTsN 7 Tulungagung. (3) Menganalisis pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan berpikir kritis dan Hasil belajar siswa kelas VII di MTsN 7 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Pada soal tes uraian digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan soal tes pilihan ganda digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai pedoman dalam menerapkan kegiatan pembelajaran dan materi apa yang disampaikan seperti daftar hadir siswa, modul ajar, dan jurnal pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII materi Klasifikasi Makhluk Hidup di MTsN 7 Tulungagung. Hal ini berdasarkan uji t-test dengan nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000. Menurut kriteria pengambilan keputusan yakni 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi Klasifikasi Makhluk Hidup di MTsN 7 Tulungagung. Hal ini berdasarkan uji t-test dengan nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000. Menurut kriteria pengambilan keputusan yakni 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VII materi Klasifikasi makhluk Hidup di MTsN 7 Tulungagung. Hal ini berdasarkan hasil uji manova menggunakan nilai posttest kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif yang diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yakni 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208202061 NABILA ANJANI
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:32
Last Modified: 20 Jun 2024 02:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47240

Actions (login required)

View Item View Item